Bagian Bagian Sel Hewan dan Tumbuhan

Bagian bagian sel hewan dan tumbuhan

Sel hewan adalah sel eukariotik yang terdapat pada setiap hewan atau yang termasuk kingdom animalia. Kumpulan sel akan membentuk jaringan. Struktur sel hewan berbeda dengan sel tumbuhan. Sel tumbuhan tidak bisa bergerak aktif seperti sel hewan. Sel hewan tidak memiliki dinding sel seperti halnya sel tumbuhan.
Sel Hewan
Sel hewan terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah gambar sel hewan lengkap dengan penjelasan organelnya. Langsung saja kita simak yang pertama :

Retikulum endoplasma kasar : adalah organel yang luas dan terdiri dari kantung tertutup berbelit-belit namun rata yang merupakan kelanjutan dari membran nukleus. Disebut RE kasar karena di permukaannya terdapat butiran ribosom. Fungsi retikulum endoplasma kasar adalah untuk sintesis protein.
Ribosomadalah organel berupa butiran-butiran kecil yang terdapat bebas di dalam sitoplasma atau menempel di retikulum endoplasma (RE) kasar. Fungsi ribosomadalah sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein.
Retikulum endoplasma halusadalah RE yang terpisah dari membran nukleus dan tidak terdapat ribosom. Fungsi retikulum endoplasma halus adalah untuk sintesis lipid.
Mitokondriaadalah organel dengan struktur amat kompleks yang berfungsi untuk membentuk energi. Fungsi mitokondria adalah sebagai tempat berlangsungnya respirasi aerobik yang menghasilkan energi ATP. Energi ATP merupakan energi utama dan terpenting bagi hewan.
Membran seladalah bagian paling luar pada sel hewan yang bersifat semi permeabel.Fungsi membran sel adalah untuk membungkus sel, menerima rangsangan dari luar sel, mengontrol masuk dan keluar zat, dan melindungi semua organel sel.
Sitoplasmaadalah cairan yang berisi sumber bahan kimia yang penting bagi sel. Cairan ini terdiri dari air dan protein. Fungsi sitoplasma adalah sebagai cairan pengisi ruangan antara membran sel dan inti sel, sebagai tempat berlangsungnya metabolisme, dan menyimpan zat kimia penting.
Lisosomadalah kantong bermembran yang berisi enzim hidrolitik untuk mencerna makromolekul secara intraseluler. Fungsi lisosom adalah untuk mencerna makromolekul, menghidrolisis materi seluler asing, dan merusak sel-sel asing.
Sentrioladalah organel berbentuk silinder yang terdiri dari tubulin. Fungsi sentrioladalah membantu proses pembelahan sel.
Aparatus golgiatau badan golgi adalah organel berupa kantung membran yang berkaitan dengan retikulum endoplasma. Fungsi badan golgi adalah untuk memeriksa pengiriman protein yang diproduksi RE dan sebagai tempat ekskresi sel.
Inti selatau nukleus adalah pusat kontrol sel dan pembawa kode genetik yang berada di tengah-tengah sel. Fungsi nukleus adalah untuk mengatur semua aktivitas sel, mengatur sintesis protein, memperbaiki sel yang rusak, dan mempengaruhi produksi RNA. Inti sel terdiri dari nukleoplasma, nukleolus, dan membran inti.
Nukleoplasmaadalah caran kental berupa serat kromatin yang terdiri dari DNA.Fungsi nukleoplasma berkaitan dengan sitoplasma yaitu menyimpan zat-zat penting.
Nukleolusadalah “noda” tebal yang ditemukan di dalam inti sel. Nukleolus dapat menghilang dan muncul kembali. Fungsi nukleolus adalah untuk mensintesis rRNA dan merakit ribosom.
Membran intiadalah membran yang melindungi inti sel. Fungsi membran intiadalah memudahkan terjadinya pertukaran molekul (terutama mRNA) antara inti sel dengan sitoplasma.

bagian bagian sel yang terdapat pada tubuh tumbuhan adalah sebagai berikut :
Membran sel. Membran sel atau yang disebut dengan membrane plasma adalah bagian yang terdapat pada bagian yang paling luar
Dinding sel. Dinding sel adalah lapisan yang ada di bawah organel membran sel atau membran plasma. Dinding sel berasal dari selulosa Vakuola. Vakuola yang terdapat didalam tubuh tumbuhan berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan vakuola yang dimiliki oleh hewan. Vakuola adalah rongga yang terdapat di dalam sel yang melapisi membran dan didalam vakuola terdapat cairan Mitokondria.

Mitokondria adalah sebuah tempat yang digunakan untuk membentuk sebuah energi didalam tumbuha
Fungsi sel tumbuhan
Diatas telah dijelaskan tentang gambar sel tumbuhan, tentunya saat ini anda sudah tahu bukan apa saja sel yang terdapat didalam tubuh tumbuhan. jika anda sudah mengetahui tentang sel sel yang terdapat didalam tubuh tumbuhan, maka kurang afdol jika anda tidak mengetahui tentang fungsi sel tumbuhan tersebut. Maka dari itu berikut akan saya jelaskan tentang fungsi sel tumbuhan. fungsi dari sel tumbuhan adalah sebagai berikut :
Membran sel. Fungsi membran sel adalah untuk mengatur zat yang keluar masuk pada Dinding sel. Fungsinya adalah memberikan kekuatan dan juga perlindungan pada sel Vakuola. Fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan makanan dan juga sisa dari metabolism Mitokondria. Fungsinya untuk menghasilkan sebuah energy bagi tumbuhan

Itulah tadi penjelasan bagian bagian dari sel hewan dan tumbuhan, semoga mermanfaat terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *