Contoh Laporan Kerja Industri Pada Kantor Kecamatan

BAB1
PENDAHULUAN

1.1 latar belakang
Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan sekolsh menengah kejuruan (SMK) dan menghasilkan manusia yang berpotensi mampu bersikap setelah selesai melaksanakan pendidikan pada sekolah kejuruan dengan keterampilan dan pengetahuan yang handal , oleh karena itu khusus kusus bagi siswa –siswa yang telah duduk di kelas II, calon perserta ujian akhir sekolah (UAS), di wajibkan terlebih dahulu melaksanakan peraktek indudtri (PI) guna menambah wawasan dan pengtahuan serta pengalaman mengnai ruang lingkup dunia kerja yang sesungguhnya secara nyata.

1.2 TUJUAN PERAKTEK INDUSTRI (PI)
Adapun tujuan diadakan peraktek industri (PI) bagi seluruh siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Adalah sebagai berikut :
• Salah satu syarat siswa –siswi untuk dapat mengikuti ujian akhir sekolah ( UAS )
• Untuk menerapkan seluruh teori-teori yang diperoleh dari bangku sekolah agar dapat diterapkan secara langsung pada perusahaan/instansi secara nyata.
• Menambah wawasan dan pengetahuan serta pemahaman terhadap kegiatan perusahaan /instansi dalam rangka peningkatan mutu lulusan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ).

1.3 Metode Pengumpulan Data

Adapun sistematika untuk memperoleh bahan-bahan guna penyusunan laporan ini kami mengunakan beberapa metode,antara lain:

a.metode observasi
yaitu dengan cara mengamati dan menganalisa objek-objek yang dapat kami gunakan sebagai bahan penyusunan laporan ini.

b. metode Interview
yaitu metode dengan mengadakan beberapa pertanyaan kepada staf kantor kecamatan tanjung bintang guna mendapatkan informasi yang berkaitan dengan bidang tugas kantor kecamatan Tanjung Bintang sebagai bahan penyusunan laporan.

c. Metode Dokumentasi
yaitu dengan cara mengamati dan menganalisa data-data yang ada di kantor kecamatan tanjung bintang,antara lain:

1. Buku tata kerja organisasi kecamatan tanjung bintang ( Keputusan Bupati Lampung Selatan No 19 tahun 2001 )

2. Data kecamatan Tanjung Bintang Tahun 2019 :
a) Data Potensi Kecamatan Tanjung Bintang
b) Daftar nama perangkat desa Se-Kecamatan Tanjung Bintang
c) Strutur Organisasi pemerintahan Kecamatan Tanjung Bintang ( perda No 43 Tahun 2001 )

BAB II
KEADAAN UMUM

2.1 Lokasi Peraktek Industri
Peraktik Industri Tahun pelajaran 2019-2020 dilaksanakan dimulai dari
Tanggal 16 Januari 2019 sampai dengan 16 Maret 2019

2.2 Sejarah berdirinya Kecamatan Tanjung Bintang
Pada mulanya Nama ‘TANJUNG BINTANG ‘adalah nama susukan atau dusun di kampong atau desa Jati baru yang dibuka pada tahun 1953 dengan jumlah kepala keluarga ( KK ) : 120 KK dan jumlah penduduk 400 jiwa.tepat pada tanggal 16 Agustus malam 17 Agustus diadakan renungan suci dan berdo’a untuk nama ‘TANJUNG BINTANG’yang diambil dari kata :
TANJUNG :Adalah salah satu hutan pertama yang dibuka oleh para veteran /BRN yang letaknya antara kota Tanjung Karang Karang dengan hulu sungai Way Berkatrang.
BINTANG : Diambil sari symbol bintang yang ada pada topi Veteran /BRN Republik Indonesia para pwndiri desa Jati Baru.
Kemudian kedua kalimat tersebut dirangkai menjadi TANJUNG BINTANG yang sekarang menjadi pusat Desa JatiBaru sekaligus pusat pemerintahan Kecamatan Tanjung Bintang.
Selanjutnya pada tanggal23 Juni 1982 dengan bertempat dibalai desa Jati Baru,maka Drs.ZAKARIA>A NASIB dari Pemda Provinsi Lampung di lantik menjadi Camat Tanjung Bintang oleh Bupati Lampung Selatan Bapak MURSAFA KEBAL,sebagai camat pertama Tanjung Bintang.

Dengan dilantiknya Camat Tanjung Bintang yang pertama tersebut maka berdirilah Kecamatan Tanjung Bintang dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:
– Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Tabung Lampung Tengah
– Sebelah Selatan berbatasan dengan kota Bandar Lampung
– Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Katibung dan Jabung
– Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Karang Timur
Luas Kecamatan Tanjung Bintang pada waktu itu 426,82 Km2,dengan jumlah penduduk kurang lebih79.430 jiwa serta jumlah desa 27 desa.
Kemudian dengan semakin majunya perkembangan zaman,maka tahun 1986 berdasarkan keputusan Gubernur Lampung selatan Nomor G/054/B.III/HK/1986 bertambah menjadi 10 Desa persiapan sehingga jumlah Desa menjadi 39 Desa.
Pada Tahun 1999 tepatnya pada tanggal 17 Oktober dengan dilantiknya Bapak Aminudin.BA menjadi Camat Jati Agung dengan jumlah desa 18 dan Kecamatan Tanjung Bintang 21 Desa.Kemudian pada tanggal 31 Juli 2007 Kecamatan Tanjung Bintang dipecahkan kembali menjadi 2 yaitu kecamatan Induk dan Kecamatan Tanjung Sari.dan pada saat ini Kecamatan Tanjung Bintang memiliki 16 desa dengan batas wilayah sebagai berikut :
– Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Sari
– Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Merbau Mataram
– Sebelah Timur Berbatasan dengan Kecamatan Merbau Mataram/Lampung Timur
– Sebelah Barat berbatasan dengan Kota Bandar Lampung

2.3 Gambaran Umum Daerah

2.3.1 Kondisi Geografis Daerah Kecamatan Tanjung Bintang
Kecamatan Tanjung Bintang berdiri berdasarkan peraturan pemerintah (PP) No.03 Tahun 1982 tanggal 23 juni 1982,diresmikan oleh Bapak Bupati
Lampung Selatan dengan Luas Wilayah 37.707.62 namun pemakaran Kecamatan Tanjung Bintang menjadi Kecamatan Jati Agung berdasarkan SK gubernur Lampung No.81 tahun 1999 dan Kecamatan tanjung Sari berdasarkan perda Lampung Selatan No.3 Tahun 2007 tanggal 31 Juli 2007,maka wilayah Tanjung Bintang menjadi 129.72 km2 yang terdiri dari 16 desa.

2.3.2 Gambaran Umum Demografis
Jarak dari ibukota Kecamatan Tanjung Bintang ke ibu kota Provinsi Lampung kurang dari 36.365 jiwa penduduk laki-laki 34.540 jiwa penduduk perempuan,dimana banyak penduduk berpropesi sebagai Pedagang,pegawai Negri dan Petani.

2.3.3. Gambaran Umum Demografis
Jarak dari ibukota Kecamatan Tanjung Bintang ke ibu kota kabupaten Lampung Selatan kurang lebih 60 Km Dan dari Kecamatan Tanjung Bintang ke ibu kota Provinsi kurang lebih 25 Km,dengan jumlah penduduk 69.905 jiwa yang terdiri dari 36.365 jiwa penduduk laki-laki 35.540 Jiwa penduduk Perempuan dimana banyak penduduk berprofesi sebagai pedagang,Pegawai Negeri dan Petani.

2.3.4 Kondisi Ekonomi
Pontesi unggulan Kecamatan Tanjung Bintang terdiri dari :
a. Budi daya ikan air tawar
b. Pertanian dengan pupuk organic

2.5 Struktur Organisasi Kecamatan Tanjung Bintang

2.5.1 Struktur Organisasi
Susunan Organisasi Kecamatan Tanjung Bintang memacu pada peraturan pemerintahan daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 07.a Tahun 2009 tentang rincian tugas dan tata kerja Kecamatan Tanjung Bintang dan Kelurahan Se-kabupaten Lampung Se;ltan yang terdiri dari :

a. Camat
b. Sekrestaris kecamatan yang terdiri dari :
1. Sub Bagian
2. Sub Bagian Perencanaan
3. Sub Bagian Keuangan

c. Seksi pemerintahan
d. Seksi ketentraman dan ketertipan umum
e. Seksi ekonomi dan pembangunan
f. Seksi sosisal dan Kesejahteraan Masyarakat,Ketenagakerjaan dan informasi komunikasi
g. Seksi Pertahanan dan tata ruang
h. Kelompok Jabatan fungsional

2.6 Susunan Kepegawaian
Secara keseluruhan jumlah personil Kecamatan Tanjung Bintang sebanyak 40 orang dengan komposisi pegawai menurut kedudukan dalam organisasi Kecamatan Tanjung Bintang

2.7 Tugas dan Tata Fungsi Pegawai
2.7.1 Camat
a. Menyusun program dan kebijaksanaan teknis di bidang pemerintahan keterampilan, dan Ketertiban umum,Ekonomi dan pembangunan sosial kesejahteraan Masyarakat,ketenaga kerjaan,dan informasi komunikasi,pertahanan dan tata ruang di wilayah kerjaannya dalam rangka percapaian tujuan penyelegaraan tugas pokok dan fungsi camat.

b. Memimpin ,Membina,Mengkoordinasikan,Memantau dan mengandalikan pelaksanaan program dan kebijakan teknis dibidang pemerintahan,ketentraman,dan ketertiban umum,ekonomi dan pembangunan social,kesejahteraan masyarakat,ketenagakerjaan dan informasi komunikasi,pertahanan dan tata ruang di wilayah kerja agar sesuai dengan perencanaan yang di tentukan.

c. Mengkordinasikan pelaksanaan tugas dengan dinas instansi terkait dengan Koordinator.

d. Mempelajari peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan kecamatan,kelurahan dan desa sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas

e. Menyelengarakan tugas umum pemerintah

f. Memberikan Rekomendasi penilaian pelaksanaan pekerjaan pejabat structural yang ada di lingkungan Kecamatan.

g. Melaksanakan tugas sebagai coordinator kolektor PBB dowolayah kerjanya

h. Melegalisi SKT di wilayah lingkungan kerja

i. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggung jawaban

j. Membagi hasil tugas kedinasan di bidang teknos dan administrasi kepada bawahan

k. Memberi petunjuk teknis dan pengarahan serta bmbingan kepada bawahan tentang pelaksanaan tugas

l. Menilai efektifitas, kreatifitas dan produktifitas pelaksanaan tugas dari bawahan

m. Melaksanakan tugas kedinasan lainya yang diberikan oleh atasan untuk kelancaran tugas

2.7.2 Kepala seksi Pemerintahan
a. Melaksanakan kordinator dengan seluruh seksi dalam rangka penyusunan kerja kecamatan sebagai pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belaja kecamatan, serta rencana kerja sekertariat untuk dijadikan bahan acuan dalam melaksanakan tugas

b. Memimpin, mengarahkan serta membantu bawahan dalam melaksanakan tugas bidang ketatausahaan, agar dapat terlaksana program dan rencana kerja telah disusun.

c. Mengelola urusan umum, rumah tangga administrasi surat menyurat, dan kearsipan administrasi kepegawaian dan administrasi pelengkapan kantor

d. Menyusun rencana kerja dan sub unit kerja terkait,melaksanakan evaluasi dan kerumusan laporan kegiatan kecamatan dan laporan kegiatan ketatausahaan kantor

e. Mengelola Administrasi keuangan yang meliputi penyusunan anggaran
f. Mempelajari undang-undang yang berhubungan dengan Kecamatan dan ketatausahaan serta landasan dalam melaksanakan tugas sekrestaris Kecamatan.
g. Membagi hasil tugas pada sekrestaris Kecamatan kepada bawahan
h. Menerima dan mempelajari laporan dan saran dari bawahan sebagai masukan untuk dijadikan bahan dalam menyusun program dan rencana selanjutnya
i. Membina dan memberikan motivasi kepada bawahan
j. Mengevaluasi hasil kerja bawahan
k. Melakukan kerjasama dengan Sub unit kerja yang ada
l. Menyusun laporan pelaksanaan tugas Camat
m. Melaksanakan tugas kedinasan yainnya yng diberikan oleh atasan sesuai dengan pentunjuk dan ketentuan yang berlaku
Dalam melaksanakan tugas yang dimaksud,Sekrestaris Kecamatan dibantu oleh :

a. Kepala Sub bagian umum

  • Melakukan sinkronisasi dan koreksi dengan Sub bagian lain silakukan sekrestaris Kecamatan
  • Menginvertariskan permasalahan yang berhubungan demgan bidang sub bagian umum dan membantu mencari pemecahan masalahnya
  • Melaksanakan penataan administrasi surat menyurat dan kearsibpan
  • Memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berhubungan dengan kedinasn
  • Melaksanakan tugas ruamah tangga kantor meliputi pelayanan akomodasi,pemeliharaan sarana dan prasarana
  • Mengumpulkan bahan penyusunan rencana kebutuhan perlengkapan dan pembekalan untuk keperluan rumah tangga kantor
  • Mengawasi penyediaan tempat dan perlengkapan untuk keperluan rapat dan pertemuan dinas
  • Menyusun jadwal acara dan administrasi kegiatan Camat
  • Menghimpun dan menyajikan data dan informaasi yang berhubungan denagan bidang kepegawaian
  • Menginvetarisasi,mengelola serta melaporkan data dan mutasi asset daerah yang ada di kecamatan
  • Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas bawahan untuk menyempurnakan hasil kerja lebih lanjut
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku

b. Kepala Sub bagian perencanaan

  • Melakukan Singkronisasi dan toleransi kerja dengan dengan sub bagian lain dilingkungan secretariat Kecamatan
  • Menginvetarisasi permasalahan yang berhubung dengan bidang Sub bagian perencanaan dan membantu pemecahan masalah.
  • Mengumoulkan data untuk bahan penyusunan rencana kegiatan Kecamatan
  • Menyiaokan bahan Evaluasi dan pengendalian pelaksanaan kegiatan kecamatan
  • Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas bawahan untuk menyempurnakan hasil kerja lebih lanjut
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang di berikan oleh atasan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku

c. Kepala sub Bagian keuangan

  • Melakukan sikronisasi dan toleransi kerja dengan sub bagian lain dilingkungan sekretariat Kecamatan .
  • Menginveritasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang sub bagian keuangan dan membantu pemecahan masalah
  • Mengumpulkan pedoman dan petunjuk teknis penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Kecamatan.
  • Melakukan administrasi pembukuan secara sistematis dan kronologis sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas bawahan umtuk menyempurnakan hasil kerja lebih lanjut
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainya yang diberiakan oleh atasan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku.

2.7.3 Kepala Seksi Pemerintahan
a. Melakukan sinkronisasi dan toleransi kerja dengan seluruh seksi dan sekrestari Kecamatan dalam rangka penyusunan program kerja Kecamatan
b. Mengivestarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugas seksi pemerintahan dan bantuan pemecahan masalah.
c. Menyiapkan bahan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan-kecamatan kepada Bupati
d. Menyiapkan bahan pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintahan atau desa/kelurahan
e. Memberikan bimbingan Surpervasi,pasilitas dan konsultasi pelaksanaan administrasi Desa/Kelurahan
f. Mempasilitasi penyelenggaraan pemeliharaan kepada Desa dan bahan permusyawaratan Desa (BPD) menyelenggarakan Pelatihan kepala Desa di wilayah.
g. Memfasilitasi penyelenggaraan kerja sama antar desa dan penyelesaian perselisihan Desa
h. Melaksanakan kegiatan administrasi kependuduk dan pencatatan sipil
i. Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas bawahan untuk menyempurnakan hasil kerja lebih lanjut
j. Menyusun laporan pelaksaan tugas kepada Camat sebagai pertanggung jawaban kerja
k. Melaksanakan tugas kedinasn lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku

2.7.4 Kepala Seksi Ketemtraman dan ketertipan Umum

a. Melakukan sinkronisasi dan koleransi kerja dengan seluruh seksi dan secretariat Kecamatan Dalam rangka penyusunan Program Kerja Kecamatan
b. Menginveritasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugas seksi ketentraman dan ketertipan umum dan membantu pemecahan masalah.
c. Menyiapkan bahan pembinaan dan pengawasan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah kerja Kecamatan
d. Menyiapkan bahan koordinasi dengan kepolisian Negara Republik Indonesia Dan Tentara Nasional Indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketentraman dan ketertipan umum di wilayah kecamatan.
e. Menyiapkan bahan koordinasi dan pembinaan kesatuan Kepolisian Pamong Praja dan perlindungan masyarakat ( LINMAS ) diwilayah kerjanya.
f. Menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada Camat sebagai pertanggungjawaban kerja.
g. Melaksanakan tugas kedinasn lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku.

2.7.5 Kepala Seksi Ekonomi Dan Pembangunan

a. Melakukan sinkronisasi Dan koleransi kerja dengan seluruh seksi dan sekretariat Kecamatan dalam rangka penyusunan program kerja Kecamatan.
b. Menginveritasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugas seksi Ekonomi dan pembangunan dan membantu pemecahan masalah.
c. Memfasilitasi dan mengkoordinasikan penyelenggaraan pembangunan denagan pengembangan perekonomian Desa dan kelurahan di wilayah kerjanya
d. Menyiapkan bahan koordinasi,pembinaan dan pengawasan serta pelaporan langkah-langkah pengulangan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan
e. Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan pembangunan swadaya masyarakat
f. Mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan dilingkungan kecamatan
g. Menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada camat sebagai pertanggung jawaban kerja
h. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku

2.7.6 Kepala Seksi Sosial,Kesejahteraan Masyarakat,Ketenaga kerjaan dan informasi Komunikasi

a. Melakukan sinkronisasi Dan koleransi kerja dengan seluruh seksi dan sekretariat Kecamatan dalam rangka penyusunan program kerja Kecamatan.
b. Menginveritasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugas seksi Sosial,Kesejahteraan masyarakat, ketenaga kerjaan dan informasi komunikasi pembangunan dan membantu pemecahan masalah.
c. Menyiapkan bahan koordinasi penyelenggaraan kesejahteraan Sosial diwilayahnya
d. Menyiapkan bahan fasilitas kegiatan organisasi social,kemasyarakatan dan lembaga sosial masyarakat (LSM) serta menyiapkan bahan pembinaan Lembaga adaptasi dan suku tersering
e. Menyiapkan bahan koordinasi pencegahan dan penangulangan bencana alam dan pengungsian serta penangulangan masalah social.
f. Menyiapkan bahan koordinasi penyelenggaraan keluarga berencana
g. Memfasilitasi pembinaan dan pengembangan ketenagakerjaan dan pemburuhan
h. Menyiapkan bahan bimbingan penerangan umum,Produktif,informasi dan promosi daerah
i. Menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Kepada Bupati
j. Mengevaluasi hasil pelaksaan tugas bawahan untuk penyempurnaan hasil kerja lebih lanjut
k. Menyusun laporan pelaksanaan tugas Kepada Camat sebagai pertanggung jawaban kerja
l. Melaksanakan tugas kedinasn lainnyayang diberikan oleh atasan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku

2.7.7 Kepala Seksi Pertahanan dan Tata Ruang

a. Melakukan sinkronisasi Dan koleransi kerja dengan seluruh seksi dan sekretariat
b. Menginveritasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugas seksi Pertahanan dan Tata Ruang dan membantu pemecahan masalah.
c. Menginventarisasi dan melaksanakan bahan pengawasan atas tanah-tanah Negara dan tanah asset pemerintahan Daerah diwilayah kerjanya
d. Melaksanakan pembatuan dalam hal penetapan peruntukan,proses pangalikan dan perubahan status tanah kekayaan desa yang berubah menjadi kelurahan
e. Melaksakan monitoring dan inventarisasi terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan pengunaan tanah terlantar,tanah Negara bebas dan tanh timbul di wilayah kerja
f. Menyiapkan bahan pembinaan dan pelaksanaan tata ruang di wilayah kerjanya.
g. Membantu Camat dan melaksanakan tugas sebagai coordinator Kolektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perkotaan dan pendesaan
h. Menyiapkan bahan penyuluhan,monitoring,evaluasi,dan pelaporan PBB.
i. Melaksanakan pemungutan pajak dan retribusi Daerah.
j. Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas bawahan untuk penyempurnaan hasil kerja lebih lanjut
k. Menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada camat sebagai pertanggung jawaban kerja
l. Melaksanakan tugas kedinasn lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku

2.7.8 Kelompok Jabatan Fungsional
Kelompok jabatan fungsional mempunyai Tugas pokok pelaksaan sebagai kegiatan Kecamatan serta professional sesuai dengan kebutuhan dan kelompok jabatan fungsional ini dalam melaksakan tugas pokoknya bertanggung jawab kepada Camat.

1. Invertaris Kantor

Invertaris yang dimiliki Oleh kantor kecamatan Tanjung Bintang adalah sebagai berikut :

No JENIS/NAMA BARANG
1 Mesin Tik
2 Lemari Besi
3 Ampli
4 Filling Cabinet
5 Papan Data Penduduk
6 Meja 1 Biro
7 Meja ½ Biro
 8 Kursi plastik
 9 Kursi Putar
 10 Kursi Jok/Sofa
 11 Kursi Stainlis
 12 SSB
 13 Mesin Liminating
 14 Wiralless
 15 Komputer

BAB III
KEADAAN KHUSUS

3.1 Administrasi Kantor
Keadaan khusus dalam bidang administrasi meliputi :
a. Meningkatkan kemaampuan dan profesionalisme seluruh pegawai meliputi pendidikan,pelatihan dan lainnya.
b. Mengupayakan peningkatan karir oleh kenaikan golongan melalui system Daftar Urut Kepangkatan (DUK)
c. Meningkatkan kesejahteraan pegawai melalui system pengajian yang benar dengan usulan kenaikan Gaji berkala.
d. Memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh masyarakat dalam bentuk pelayanan administrasi seperti :
1. Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Pembuatan Kartu Keluarga (KK)
3. Pembuatan Surat Kenal Lahir (SKL)
4. Pembuatan surat pindah penduduk
5. Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu
e. Memberikan rekomendasi izin usaha pembangunan dan rekomendasi lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku
f. Kelengkapan sarana dan Prasarana kantor yang diperlukan
g. Rekomendasi Izin Keramaian ( Pelaksanaan keramaian )

3.2 Keadaan Fisik
Keadaan f isik Lingkungan Kecamatan Tanjung Bintang meliputi:
a. Penyusunan pembangunan dan system buttin UP Plaining atau perencanaan dari bawah,sesuai dalam peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 04 tahun 1981 yang diawali dengan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan ( MUSREMBANG ) tingkat desa.
b. Palaksanaan Diskusi UKDP tingkat kecamatan dalam rangka menyusun rencana Strategi Kecamatan ( Restra )
c. Monitoring atau evaluasi pelaksanaan kegiatan pembangunan baik yang dananya berasal dari bantuan pemerintah maupun yang dananya berasal dari Swadaya masyarakat
d. Penyuluhan masyarakat secara Periodik dan terencana dalam rangka meningkatkan taraf pendidikan.Kemampuan,Keterampilan,dan derajat kesehatan yang bermuara dalam peningkatan kesejahteraan lahir dan batin Masyarakat pendesaan
e. Mengobtimalkan dan lebih memberdayakan seluruh potensi yang ada baik sumber daya manusia ( SDM ),Sumber Daya Alam ( SDA) maupun Sumber Daya Bantuan ( SDB) yang berguna untuk kesejahteraan masyarakat.

BAB IV
MASALAH DAN SARAN

4.1 Masalah
Dari praktek Industry yang telah kami laksanakan pada tanggal 16 Januari 2019 sampai 16 Maret 2019.Di kantor Kecamatan Tanjung Bintang kami menemukan beberapa masalah Sebagai berikut :
Ada Wajib pajak yang masih menunggak untuk meluruskan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB)hal itu karena
a. Wajib Pajak berdomisili Diluar kecamatan Tanjung Bintang
b. Ketidak sesuaian antara SPPT dengan ukuran tanah dan bagunan yang sesungguhnya.
c. SPPT ganda /Dobel

4.2 Saran
a) Hendaknya didata dan ditelusuri bagi Wajib Pajak yang berada diluar wilayah Kecamatan Tanjung Bintang Agar dilakukan pendekatan persuasive untuk melunasi PBB tepat waktu
b) Hendaknya dapat melakukan lagi pendekatan bagi wajib pajak yang mendapatkan SPPT yang tidak sesuai dengan keadaan sesungguhnya untuk kemudian diterbitkan lagi SPPT yang baru sesuai dengan keadan tanah sesungguhnya.

BAB V
KESIMPULAN

Setealah kami menyusun dan menganaliasa Buku Laporan Praktek Industri ( PI ) kami dapat menyimpulkan bahwa
1) Dengan adanya Praktek Industri (PI) di Kantor Kecamatan Tanjung Bintang kami menjadi mengerti bagian-bagian yang ada di kantor Kecamatan Tanjung Bintang secara luas
2) Bagian-bagian yang terdapat pada kantor Kecamatan tanjung bintang adalah:
a. Camat
b. Sekretaris Kecamatan Terdiri dari
– Sub Bagian Umum
– Sub Bagian Perencanaan
– Sub Bagian Keuangan
c. Seksi pemerintahan
d. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum
e. Deksi Ekonomi dan Pembangunan
f. Seksi Sosial,Kesejahteraan Masyarakat,Ketenagakerjaan,dan informasi Komunikasi
g. Seksi Pertahanan dan Tata Ruang
h. Kelompok Jabatan Fungsional
3) Kami dapat mengetakhui bagaimana sebenarnya pengertian tugas,fungsi dan lain –lain yang berkaitan dengan ruang lingkup Kecamatan Tanjung Bintang.

DAFTAR PUSTAKA

1. Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 43 tahun 2001
2. Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 03 tahun 2007
3. Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 07 tahun 2009,Tentang rincian tugas dan tata cara kecamatan
4. Keputusan gubernur lampung nomor G/054/b.III/HK/1986,tentang desa diwilayah Kecamatan Tanjung Bintang
5. Peraturan Bupati Lampung Selatan nomor 12 tahun 2011 tentang pakaian dinas pegawai negeri sipil dilingkungan pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan
6. Keputusan Bupati Lampung Selatan nomor B/310/1.09/HK/2012,,tentang penetapan hasil analisis jabatan pada Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *