Contoh Laporan PKL Di Percetakan


Contoh Laporan PKL Di Percetakan, dalam laporan ini terdapat gambar yang tidak di sertakan, untuk file yang lebih lengkap nya Silahkan di download saja  DISINI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang PKL

Dalam Praktik Kerja Lapangan atau sering disebut juga PKL ini adalah sebagai wawasan tambahan bagi siswa-siswi yang melaksanakannya juga sebagai wahana dalam memajukan Sumber Daya Manusia di dalam bidang bisnis ataupun management serta mampu menjadi Sumber daya manusia yang produktif dan profesional dalam melaksanakan pembangunan untuk dapat menghadapi tantangan masa depan nantinya.

Dalam rangka mengantisipasi tingkat persaingan dalam dunia kerja yang ada pada saat ini bisa dibilang persaingannya sangatlah banyak sekali bukan hanya SMK Negeri 1 MERBAU MATARAM saja yang akan berbisnis dalam dunia kerja tersebut, maka SMK Negeri 1 MERBAU MATARAM berkomitmen untuk mampu menyiapkan sumber daya manusia serta dituntut untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas serta mempunyai kemampuan kompetensi terhadap bidang keahlian yang akan dimanfaatkan di dunia kerja serta dapat bersaing nantinya.

Kegiatan yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 MERBAU MATARAM adalah untuk mengntisipasi persaingan tersebut yaitu dengan melaksanakan proses pengajaran yang kondusif adalah dengan memberikan materi pengajaran pokok yang sudah digariskan atau ditentukan dalam krikulum dan tambahan dengan materi pelajaran yang lain yang mungkin akan digunakan nantinya oleh siswa-siswi setelah lulus dari sekolah nantinya.
Untuk lebih menyelaraskan dan memantapkan kemampuan akademik siswa yang didapat di sekolah dengan kebutuhan di dunia usaha atau industri dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas dan dapat berkompetensi di dunia kerja.

B. Maksud Dan Tujuan

Secara umum Praktik Kerja Lapangan bertujuan untuk memberi gambaran kepada siswa/siswi pada saat bekerja, baik itu disuatu perusahaan ataupun disuatu lembaga instansi. Sedangkan secara khususnya antara lain :

a. Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada masing-masing siswa-siswi.

b. Melatih keterampilan yang dimiliki siswa-siswi sehingga dapat bekerja dengan baik.

c. Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

d. Menambah kreatifitas siswa-siswi agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.

e. Memberikan motivasi sehingga siswa-siswi bersemangat dalam meraih cita-cita mereka.

f. Melatih siswa-siswi agar dapat membuat suatu Laporan yang terperinci dari apa saja yang mereka kerjakan selama Praktik Kerja Lapangan.

C. Manfaat

1. Manfaat Bagi Siswa

a. Membekali siswa dengan pengalaman dan pengetahuan yang sebenarnya dalam dunia kerja.
b. Meningkatkan tenaga kerja yang profesional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
c. Memperkokoh hubungan link and match antara sekolah dengan dunia kerja.
d. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
e. Mendapatkan ilmu yang tidak didapat di sekolah, dengan adanya produk kerja nyata siswa mendapatkan ilmu yang tidak ada disekolah.

2. Manfaat Bagi Sekolah

a. Menjalankan kewajiban Undang-Undang.
b. Meningkatkan citra sekolah.
c. Meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat.
d. Meningkatkan popularitas sekolah dimata masyarakat.
e. Memberikan konstribusi dan tenanga kerja bagi perusahaan.

3. Manfaat Bagi Tempat PKL

a. Mendapatkan tenaga kerja sementara dengan “upah seikhlasnya”
b. Mendukung program pendidikan pemerintah
c. Meningkatkan citra perusahaan.

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A. Gambaran Umum Perusahaan

1. Sejarah Singkat Perusahaan Global Printing

Sejarah singkat tentang terbentuknya GLOBAL PRINTING pada tahun 2000 Bapak Andy Apriansyah mendirikan sebuah percetakan yang bernama ANDY VISUAL, percetakan awal mulanya hanya melayani fotografer, Editing, Shooting dan segala sesuatu yang berkaitan dengan acara pernikahan.

Percetakan ANDY VISUAL mengalami banyak perubahan selama 10 tahun kedepan, seiring dengan kemajuan teknologi, ANDY VISUAL memiliki berbagai mesin cetak banner baru, dan mesin cetak sticker, simming, pemotong id card, alat cetak pin, mesin cetak nota, mesin prees, mesin mug, alat pemotong yasin, streples buku, mesin jahit, alat mata ayam, alat pemotong kertas, dan alat penjepit kalender.

Dengan berbagai macam alat yang sudah dimiliki ANDY VISUAL yang mampu melayani masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan percetakan maka ANDY VISUAL di ganti menjadi GLOBAL PRINTING tidak hanya melayani cetak banner, desain sticker, desain undangan, membuat kartu nama, pin, mug, raport, dan masih banyak lagi dengan ketetapan pekerjaan yang baik, waktu yang cepat dan tak lupa untuk kualitas yang baik.

2. Visi dan Misi Perusahaan

2.1 Visi
Diakui sebagai perusahaan kelas dunia yang bertumbuh kembang , unggul dan terpercaya dengan bertumpu pada potensi insani.

2.2 Misi
Menjalankan bisnis percetakan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.

3. Struktur Organisasi

Pimpinan : Ibu Dyan Trisna
Staff Admin : Dewi Marlina
Kasir : Arif
Setting :
-Arif
-Ade
-Ujang Rhayu
Operator :
– Dewi Marlina
-Ardi
Finishing :
-Al Farizi Bhagaskara
-Mawar

B. Uraian Kerja

1. Membersihkan ruangan kerja sebelum memulai bekerja..
2. Membantu operator untuk mencetak banner.
3. Finishing banner / mengelem banner.
4. Melayani konsumen yang datang mengambil banner.
5. Mengambil keperluan mesin dikantor pusat.
6. Memotong bahan banner.
7. Merapihkan ruangan kerja setelah selesai bekerja.

C. Jadwal Kegiatan

1. Jam kerja karyawan Global Printing Unit Usaha Percetakan Banner.
• Jam masuk kerja pukul 08.30 WIB
• Jam istirahat kerja pukul 12.00 WIB s/d pukul 13.00 WIB
• Jam pulang kerja pukul 17.00 WIB

2. Hari kerja karyawan
• Senin s/d Sabtu (minggu libur dan tanggal merah libur)

BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

A. Kajian Teori

1. Pengertian Operator Cetak Banner

Operator atau teknisi ialah yang bertugas mengoperasikan jalan nya mesin cetak (khususnya pada mesin cetak banner), memegang peranan yang amat penting dalam industri jasa cetak. Operator dalam melaksanakan tugasnya, bertanggung jawab untuk bekerja dan menghasilkan sesuai standar yang berlaku atau diberlakukan dalam suatu industri percetakan.

2. Pengertian Proses Cetak

Proses cetak merupakan teknik menduplikasi sekumpulan teks, gambar atau perpaduan teks dan gambar yang terdapat dalam suatu acuan cetak yang nantinya akan ditransferkan ke media cetak atau material cetak sesuai dengan apa yang diinginkan. Teknik cetak terdiri dari beberapa teknik, setiap teknik memiliki proses yang berbeda dan jenis barang yang dihasilkan dari masing-masing teknik cetak juga berbeda.

Teknik cetak yang berbagai macam tetap memiliki prinsip yang sama dimana gambar dari acuan ditransfer ke subsrate dengan media penekanan. Dalam proses cetak ini kita wajib mengetahui jenis-jenis dari mesin cetak. Karena dengan mengetahui jenis dari mesin cetak, kita dapat mengetahui ukuran kertas bahan dapat dicetak sesuai dengan area mesin yang digunakan.

3. Kendala Yang Terjadi Dalam Percetakan

a. Kerusakan Mesin
Kendala ini pasti terjadi karena sebaik apapun mesin pasti ada kemungkinan rusak. Kerusakan mesin ini bisa disebabkan karena faktor luar dari mesin dan bisa juga karena faktor dalam.

b. Masalah Karyawan
Karyawan adalah penggerak usaha yang paling utama dan mereka lebih berharga dibandingkan mesin-mesin yang canggih. Untuk itu kita harus bisa memaintenance karyawan kita agar mereka betah bekerja ditempat kejanya itu.

c. Masalah Bahan Baku
Masalah ini biasanya dialami oleh pelaku usaha didaerah karena anda harus memikirkan stock dan biaya pengiriman. Untuk itu diperlukannya stock disetiap jenis bahan.

d. Masalah Listrik
Listrik adalah kebutuhan vital dan yang seperti kita ketahui bahwa PLN sering melakukan pemadaman apalagi untuk daerah diluar pulau Jawa. Agar operasi usaha tidak terganggu sebaiknya perusahaan memiliki genset.

B. Temuan Studi

1. Hasil

Hasil penelitian dan pembahasan dalam Laporan ini berupa deskripsi mengenai percetakan digital yang saya lakukan di CV.Global Printing. Pembahasan tentang operator cetak Banner yang memenuhi hak-hak konsumen dalam dunia percetakan.

2. Pembahasan
Seorang operator harus memperhatikan beberapa hal dalam menjalankan tugasnya, yakni sebagai berikut :

a. Bekerja secara standar
Yaitu bekerja sesuai ketentuan/ketetapan yang sudah ditetapkan oleh pihak otoritas/penguasa, sebagai aturan untuk merujuk pada ukuran, kualitas, nilai, waktu atau juga kuantitas. Tujuannya adalah:

1. Agar terukur, dengan nilai ukur yang merupakan data teknis produksi, maka pelaksanaan proses produksi akan dimudahkan oleh adanya data ukur.

2. Agar berkualitas, artinya bahwa produk yang dihasilkan, dengan nilai kualitas yang standar, maka produk akan memiliki tingkatan kualitas yang sama.

3. Agar bisa diterima, artinya bahwa suatu produk yang sudah melalui standardisasi, hasil produknya pada tingkat kualitas tertentu dapat diterima oleh pelanggan.

4. Agar timbul rasa puas, artinya bahwa dengan kualitas yang semakin meningkat dan stabil, maka akan dapat menimbulkan rasa puas pada pihak pelanggan.

b. Operator cetak juga bertugas mengoptimalkan pelaksanaan proses produksi cetak, maka perlu ditetapkan tugas dan tanggungjawab setiap operator cetak sehingga dengan penetapan ini perhatian operator akan terfokus pada tugasnya, meliputi:
1. Memahami Surat Perintah Kerja (SPK), mencakup :
2. Bahan baku yang dipakai (kertas, tinta cetak, pelat dan bahan bantu) ;
3. Mesin cetak yang dipakai (mesin cetak Banner lembaran atau gulungan) ;
4. Jumlah halaman.

c. Memahami dan melaksanakan Sistem Management, adalah suatu nilai, batasan, parameter yang dijadikan acuan proses produksi, sehingga akan menghasilkan produk sesuai dengan yang diinginkan.

1. Standar operasional cetak bagi para operator, mencakup berbagai aspek, mulai dari pengadaan bahan, sistem pengelolaan produksi sampai kepada kondisi SDM (Sumber Daya Manusia) baik pada SDM Administrasi Teknis maupun SDM Teknis Produksi cetaknya. Kegiatan standar operasi cetak itu sendiri diawali dari menerima SPK (Surat Perintah Kerja) yang telah diberikan oleh penyeting.

2. Setelah SPK diberikan kepada karyawan operator, operator langsung menjalankan atau mencetakan banner tersebut.
Pertama ripping setting-an kemudian mulai mencetak, dengan cara sebagai berikut :

d. Klik Job untuk mengambil file yang akan dicetak

e. Klik nama folder yang akan dicetak sesuai SPK untuk mengeluarkan file yang akan di ripping.

f. Pilih file yang ingin dicetak untuk di ripping

g. Kemudian mulai me-ripping, seperti mengatur ukuran kertas, warna, jumlah cetakan, dll sesuai SPK.

h. Lalu keluarkan file yang sudah di ripping untuk kemudian dicetak.

i. Kemudian hidupkan tombol fakum dan tombol kipas, lalu klik star untuk mulai mencetak. Setelah dicetak, Banner tersebut diberikan kepada karyawan finishing untuk menjalankan finishing yang sudah tertulis di SPK.

BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan

Setelah kami melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari tanggal 06 Januari 2020 sampai dengan tanggal 06 April 2020 di CV. Global Printing Unit Usaha Percetakan Banner adalah perusahaan yang ber-Badan Usaha milik Ibu Dyan Trisna dan bergerak dalam bidang usaha percetakan Banner. Produksi yang dihasilkan sebagian besar untuk Lokal (dalam negeri). Selain mengejar target produksi, CV.

Global Printing Unit Usaha Percetakan Banner ini juga selalu berusaha meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawannya. Dengan kesehatan dan kesejahteraan karyawanlah roda produksi perusahaan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh semua pihak.

B. Saran

1. Saran Untuk Tempat PKL

Setelah kami mengenal langsung mengenai CV. Global Printing Unit Usaha Percetakan Banner, maka kami memberikan saran-saran sebagai berikut :

a. Tingkatkan kedisiplinan karyawan dan mempertahankan hubungan yang selama ini terbina dengan baik antara pimpinan dan karyawan agar tercipta suasana kerja yang harmonis.

b. Hubungan pemilik dengan karyawan dengan siswa/siswi PKL diharapkan selaluterjaga keharmonisannya agar dapat tercipta suasana kerjasama yang baik.

c. Serta kami mengharapkan dimasa mendatang agar tetap membuka perusahaannya bagi anak-anak kejuruan untuk melaksanakan PKL terutama bagi SMK Negeri 1 MERBAU MATARAM.

2. Saran Untuk Sekolah

a. Lebih memperhatikan siswa dalam melaksanakan Praktik Kerja Lapangan.
b. Lebih ditingkatkan hubungan kerjasama antara sekolah dengan pihak Instansi.

DAFTAR PUSTAKA

-https://azzahra-official.com/contoh-laporan-pkl-di-percetakan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *