Contoh Makalah Microsoft Power Point

MAKALAH MICROSOFT POWER POIN

DISUSUN OLEH :

AGUS HERMAWAN

SMK YP SERDANG TANJUG BINTANG

LAMPUNG SELATAN

TAHUN AJARAN 2016 / 2017

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas anugerahNyA sehingga makalah dengan judul “ Microsoft Powerpoint dan Microsoft Access ” dapat terselesaikan pada waktu yang telah ditentukan.

Penulisan makalah ini telah diusahakan semaksimal mungkin.Namun, karena keterbatasan pengetahuan tentu makalah ini belum sempurna.Maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran untuk membangun makalah ini.Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan memperluas pengetahuan kita.

Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama dari semua pihak yang telah mendukung guna mencapai penulisan makalah ini.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……2

DAFTAR ISI …..3

BAB I PENDAHULUAN…..4

Latar Belakang Masalah …..4

BAB II PEMBAHASAN…..5

Pengertian Power Point …..6

Tujuan Penggunaan …..9

Pengoperasian Microsoft Power Point …..12

Microsoft Access …..14

BAB III PENUTUP …..19

3.1. Kesimpulan …..19

3.2. Saran…..19

DAFTAR PUSTAKA …..20

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Microsoft Power poin

Perkembangan di era globalisasi memang sangat pesat, bisa dilihat dari perkembangan teknologi yang ada. Hampir sebagian besar kita  melakukan presentasi. Entah itu di sekolah, dunia bisnis, lingkungan sosial, dan lain sebagainya.Umumnya presentasi yang memikat adalah presentasi yang memadukan unsur visual.Salah satu software yang paling tepat untuk membuat presentasi yang memikat secara visual adalah Powerpoint yang saat ini sudah mencapai versi 2010

Microsoft Power Point merupakan salah satu aplikasi milik Microsoft, selain Microsoft Word dan Microsoft Excel yang telah banyak dikenal.Ketiga aplikasi ini lazim disebut Microsoft Office.Pada dasarnya, aplikasi Microsoft Power Point berfungsi untuk membantu kita dalam menyajikan presentasi. Aplikasi ini menyediakan fasilitas Slide untuk dapat menampung pokok-pokok pembicaraan point-point yang akan disampaikan kepada pemirsa atau pendengar. Dengan fasilitas, animation, suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik.

Microsoft Access 

Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil sampai menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.

Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana.Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP).Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.

Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.

Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien / server. Meskipun demikian, tampilan muka Access (form, report, query, dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access),Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODB

BAB II

PEMBAHASAN

1..Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint

Presentasi merupakan bagian terpenting bagi sebagian orang untuk memperkenalkan produk yang akan ditawarkan kepada pihak lain. Tanpa kita sadari presentasi selalu mengawali langkah memperkenalkan produk kita. Baik itu hanya sebatas kita mengarahkan pembicaraan, memberikan sampel atau mungkin menjelaskan secara detal seluk – beluk produk kita.

Perkembangan presentasi sendiri saat ini telah mengalami berbagai kemajuan. Dari yang bersifat face to face hingga yang bersifat komunal / masa yang melibatkan banyak audience. Oleh sebab itulah perkembangan model yang digunakan untuk presentasi mengalami berbagai macam perubahan. Hingga pada akhirnya yang berkembang saat ini adalah presentasi dengan menggunakan media berbasis IT dengan menggunakan fasilitas dari Microsoft yaitu Power Point.

Apa itu power point ? Power point merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft yang diperuntukkan sebegai media presentasi. Pada dasarnya banyak media presentasi saat ini yang dikembangkan oleh vendor-vendor lain, tetapi khususnya di Indonesia power point menjadi salah satu pilihan yang tidak asing lagi. Power point mungkin dianggap salah satu aplikasi yang dianggap sangat friendly bagi penggunanya.
sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.

Microsoft PowerPoint juga bias di gunakan program aplikasi bisnis yang berguna untuk membuat slide dan dokumen presentasi. Versi terbaru program ini adalah Microsoft PowerPoint 2010, yang dirilis pada tanggal 15 Juni 2010 sebagai bagian dari paket Microsoft Office 2010. Software Microsoft PowerPoint dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation.

Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kemudahan dan kepraktisannya dalam menyusun slide presentasi. Bisa dikatakan, jika seseorang ingin membuat presentasi, maka yang terlintas di benaknya adalah menggunakan PowerPoint. Fitur animasi dan transisi yang tersedia cukup membantu tugas pembuat presentasi, demikian juga dengan fitur penyisipan materi multimediaseperti suara dan video. Cukup dengan beberapa klik, ketik, dan sisipkan, maka sajian presentasi dapat disusun secara cantik dan profesional.

Program Microsoft PowerPoint banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidangpendidikan, bisnis dan perkantoran. Microsoft PowerPoint merupakan software komersial dengan harga lisensi $140 USD (atau $500 USD untuk paket Microsoft Office Professional 2010). Microsoft PowerPoint dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor 500 megahertz MHz, memori (RAM) 256 MB, resolusi monitor 1024×768 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 1,5 GB.

  1. Sejarah

Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.

Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.

Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition.

Versi Baru Baru Ini

Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2010 (PowerPoint 14), yang dirilis pada bulan Juni 2010, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi

Versi

Operasi

Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan “slide“.Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno,akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).

Cara Membuka dan memilih tampilan
Membuka PowerPoint
Klik start
Sorot programs
Klik Microsoft Powerpoint
Atau ;
Klik ganda pada tombol shortcut PowerPoint

Memilih Tampilan Slide
Klik format
Sorot layout
Pilih tampilan yang diinginkan / sesuai

Cara Dua macam tampilan 

Slide design
Tersedia beberapa pilihan
Disertai variasi gambar dan warna
Jika

dipilih maka berlaku untuk semua slide

Slide layout
Tersedia beberapa plihan
Tidak berwarna
Jika dipilih hanya berlaku untuk satu slide, slide yang lain bisa dipilih layout yang lain lagi

Cara Memasukkan Teks

Klik pada kotak yang bertuliskan click to add title
Ketiklah teks yang Anda kehendaki
Klik lagi pada kotak lain yang tersedia
Ketik lagi teks yang Anda kehendaki
Begitu dan seterusnya.

Cara Mengubah-ubah kotak 

Perbesar/perkecil
Tempatkan petunjuk pada bulet di sekeliling kotak
Rendam klik kiri (drag) dan seretlah ke atas-bawah, kanan-kiri untuk perbesar/perkecil

Mengopy kotak
Sorot pinggir kotaksehingga keluar panah empat
Klik kanan
Keluar menu, pilih copy , klik lagi pilih  paste

Cara Menambah/menyisipkan slide

Menambahkan slide baru
Tempatkan petunjuk di bawah slide terakhir
Klik menu insert
Pilih new slide

Menyisipkan slide baru
Tempatkan petunjuk di antara slide yang akan disisipi
Pilih menu insert
Pilih new slide

Cara Warna dasar dan warna teks

Warna dasar
Klik  dalam kotak
Klik menu format
Pilih background
Pilih warna atau pattern yang sesuai
Klik apply

Warna kotak teks
Klik dalam kotak
Klik menu fill color
Pilih warna atau patern
Klik OK atau apply

Untuk Pemilihan warna dasar dan warna teks di atas Pilih menu yang sesuai untuk warna huruf & garis

Cara Memasukkan animasi 

Klik menu slide show
Pilih Custom Animation,
Klik kotak pertama untuk mengurutkan  animasi
Klik panah add effect untuk memilih gerakan animasi
Klik panah teks 1 dan pilih effect options untuk menambahkan suara
Pilih jenis suara, dan menu-menu lain, lalu  klik OK

Menggunakan hyperlink 

Klik kotak teks yang akan dipertautkan (di-link)
Tempatkan petunjuk pada pinggir kotak sehingga keluar empat panah, klik kanan.
Pilih menu action settings
Klik hyperlink to dan pilih arah pertautan slide, kemudian klik OK
Centang pada highlight click untuk mengubah petunjuk panah menjadi tangan, kemudian klik OK

Cara Memainkan slide show 
Pilih  menu slide show
Sorot petunjuk ke view show.
Mainkan urutan tampil melalui klik kiri atau tombol enter
Atau.
Sorot petunjuk  ke gambar gelas (kiri bawah)
Lanjutkan seperti cara di atas !

Cara Mencetak/ Print naskah dalam Power Point 
Pilih menu File, sorot ke print
Pilih apakah dalam bentuk slide atau handout
Jika handout, pilih isi slide perhalaman, 4 atau 6 slide perhalaman
Pilih apakah akan dicetak color atau pure black white
Pilih OK.

PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan EntranceEmphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).

PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:

  • *.PPT(PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPS(PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.POT(PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPTX(PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam

bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.

1. Kompatibilitas

Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.

Meskipun demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari aplikasi lainnya yang mendukung Object Linking and Embedding (OLE), beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara sukses dalam Macintosh. Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data yang terbuka, seperti halnyaPortable Document Format (PDF) dan juga OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya meninggalkan PowerPoint. Microsoft juga sebenarnya sudah melakukan hal serupa saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12), meskipun hingga saat ini masih banyak pengguna yang tetap menggunakan PowerPoint 11 (Microsoft Office PowerPoint 2003) yang masih berbasis data biner.

Tetapi di balik itu semua, karena terlalu mudahnya kita membuat media melalui power point, terkadang kita dibuat terlena dengan keadaan. Jika kita menilik makna yang terkandung dalam kata power point maka kita akan menyadari bentuk kesalahan presentasi kita. POWER artinya KEKUATAN, sedangkan POINT artinya INTI / INTISARI. Sehingga jika digabungkan power point mempunyai makna kekuatan dari sebuah inti / intisari atau semakin inti semakin mempunyai kekuatan. Mengapa bisa begitu ?

Semakin Padat Semakin Malas Orang Membaca
Dalam sebuah presentasi, kalimat yang panjang lebar tidak akan memberi kontribusi yang positif, tetapi akan membuat audience semakin acuh. Semakin pada presentasi audience semakin malas untuk membacanya. Semakin padat presentasi semakin tidak sampai pesan yang akan disampaikan.

Semakin Simpel Semakin Berkekuatan Dalam membuat presentasi, seseorang tidak harus pandai menuangkan kata-kata yang bagus, tetapi lebih pada bagaimana seseorang menuliskan atau menggambarkan apa inti dari materi yang akan disampaikan. Semakin simple presentasi yang ditampilkan akan semakin berkekuatan presentasi tersebut.

Tampilan Ms. Power Point tidak kalah dengan Aplikasi Presentasi lain
Untuk urusan tampilan, Ms. Power Point semakin memberikan warna tersendiri bagi penggunanya. Dengan sedikit polesan, Ms. Power Point mampu menyajikan tampilan yang luar biasa. Pengguna bisa membuat template sekehendak hatinya sesuai dengan selera masing-masing. Pengguna dapat memanfaatkan format picture Jpg, Gif, PNG, Tiff untuk menjadikan template yang dikehendaki.

Kolaborasi dengan Aplikasi Lain
Ms. Power Point bukan typikal aplikasi mandiri dan egois. Ia mampu dikolaborasikan dengan aplikasi dan file lainnya misalkan media player (audio, video), swf, mpeg, mp3, mp4, visual basic. Bahkan menu-menu yang muncul di dalam ms. power point pun dapat kita buat dengan tampilan 3D. Bahkan untuk soal-soal pilihan ganda dapat kita tampilkan melalui ms. power point dan dapat menyatakan bahwa jawaban tersebut benar / salah sehingga diakhir pertanyaan, Ms. Power Point mampu menampilkan perolehan skor yang didapat. Dengan menu tampilan developer, Ms. Power point benar-benar memberikan kekuatan tersendiri dalam memberikan kekuatan dalam presentasi.

Kemampuan dari Ms. Power Point tidak hanya muncul pada versi-versi tertentu, tetapi muncul di semua versi yang di pasarkan. Perbaruan versi hanya memberikan kesempurnaan tampilan semata. Dari gambaran tersebut, mungkin apa yang kita pelajari dari aplikasi ini belum seberapa, tetapi apa salahnya kita belajar lebih jauh. Mungkin kita tidak akan mengira bahwa kemampuan Ms. Power Point akan sehebat itu. Mampu menyampaikan pesan dengan sesingkat mungkin, tetapi tidak menutup kemungkinan, hal itu adalah baru bagian terkecil yang kami sampaikan.

  • Untuk membuka, mengedit, dan menyimpan presentasi PowerPoint di SkyDrive, ID Windows Live harus disiapkan di telepon Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menggunakan ID Windows Live di telepon Anda, lihat ID Windows Live. Untuk info selengkapnya tentang menyimpan dan menyelaraskan dokumen di SkyDrive, lihat Menyelaraskan dokumen dengan SkyDrive.

  • PowerPoint Mobile tidak mendukung semua fitur yang ditemukan di Microsoft PowerPoint 2010. Jika presentasi memiliki konten yang tidak didukung, Anda masih dapat membuka presentasi di telepon. Konten yang tidak didukung tidak akan ditampilkan atau akan ditampilkan secara berbeda, dan Anda mungkin tidak dapat mengedit presentasi tersebut.

  • Anda juga dapat membuka dan menyimpan presentasi yang dikirimkan seseorang kepada Anda lewat surel di telepon. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat “Bagaimana cara mengunduh lampiran dari sebuah surel?” di FAQ Lampiran surel

2. Microsoft Access 

Microsoft Access merupakan salah satu program aplikasi berbasis data (database) yang paling populer yang banyak di gunakan saat ini. Dengan menggunakan Microsofft Access anda dapat membuat, merancang, dan mengelola database dan menampilkan dalam form yang bagus dengan mudah. Dengan ini anda tidak harus mempelajari program lain sebagai referensi karena Microsoft Access dirancang untuk para pendatang baru atau pemula sekalipun.Versi terbaru dalam Microsoft Access adalah Microsoft Access2003.

Microsoft Access yang untuk selanjutnya disingkat, Access yang merupakan pengembangan dari Microsoft Access versi sebelimmnya yang di konsentrasikan agar proglam aplikasi database ini mudah dipakai, fleksibel, dan mudah diintegrasikan dengan program apllikasi Microsoft Office lainnnya.

Microsoft Access merupakan salah satu software pengolah database yang berjalan dibawah sistem windows.Microsoft Access merupakan salah satu produk Office dari Microsoft yang dapat menangani database dengan skala besar maupun kecil. Dalam pengolahan database, Microsoft Access ini memiliki sarana ata objek-objek yang dapat mempermudah pekerjaan bagi pengguna

Microsoft Access adalah aplikasi database yang sangat berguna dari Suite Office 2010.Ini dirancang untuk di gunakan oleh para professional dan pelajar.Selama bertahun-tahun, Microsoft Access adalah salah satu aplikasi yang paling misterius dan tidak dapat di akses, tapi sekarang jauh lebih mudah di gunakan.Dengan perintah yang kompleks, anda dapat memindahkan dan meletakan data kedalam template siap pakai.Ini cukup bergun untuk organisasi-organisasi besar, serta menjadi cukup mudah untuk digunakan untuk usaha kecil dan organisasi nirlaba.Microsoft acces juga dibantu oleh integrasi penuhnya dengan aplikasi Oficce lainnya, yang artinya mengimport dari Word atau Exel tidaklah menyusahkan dan mudah. Seperti semua program Suite Oficce saat ini, dengan Microsoft Acces anda dapat membuat file yang dapat secara bersamaan digunakan oleh beberapa orang. Ada juga bantuan untuk membuat formula dalam database, yang berarti anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk melakukannya.

Microsoft Access adalah suatu program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untuk merancang, membuat,dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yang besar. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access,Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQLServer, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana.Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

      A. Sejarah

Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 adalah sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, RAM berkapasitas 4 megabyte (6 megabytelebih disarankan) dan ruangan kosong hard disk yang dibutuhkan 8 megabyte (14 megabyte lebih disarankan). Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy 3½ inci berukuran1.44 megabyte. Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Sebagai contoh, pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu, memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte).Buku manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar. Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic, sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby. Bill Gates melihat purwarupa (prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrograman BASIC harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas.Proyek ini dinamakan dengan Thunder.Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA).    

Microsoft Windows XP (service pack 30)/Windows server 2003 R2(32-bit) Windows server 2008 (32—bit atau 64-bit)/Windows Vista (service pack 1) Windows 7

Microsoft Office Professional 20010

B.Fitur

Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL) query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL, dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logikadan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek. Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000, yang merupakan sebuah versi mini dari Microsoft SQL Server 2000, dimasukkan ke dalam Office XP Developer Edition dan dapat digunakan oleh Microsoft Access sebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine. Tidak seperti sebuah sistem manajemen basis data relasional yang komplit, Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur trigger dan stored procedure. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakan MicrosoftJet Database Engine versi 4.0, ada sebuahsintaksis yang mengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter, dengan sebuah cara seperi halnya sebuah stored procedure, meskipun prosesur tersebut dibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap tabel basis data, seperti halnya trigger, selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut, dan merupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan kueri yang akan diteruskan (pass-through dan teknik lainnya di dalam Access untuk menjalankanstored procedure di dalam RDBMS yang mendukungnya.

Dalam berkas Access Database Project (ADP) yang didukung oleh Microsoft Access 2000 dan yang selanjutnya, fitur-fitur yang berkaitan dengan basis data berbeda dari versi format/struktur data yang digunakan Access(*.MDB), karena jenis berkas ini dapat membuat koneksi ke sebuah basis data MSDE atau Microsoft SQL Server, ketimbang menggunakan Microsoft JET Database Engine. Sehingga, dengan menggunakan ADP adalah mungkin untuk membuat hampur semua objek di dalam server yang menjalankan mesin basis data tersebut (tabel basis data dengan constraints dan trigger, view, stored procedure, dan UDF).  Meskipun demikian, yang disimpan di dalam berkas ADP hanyalah form, report, macro, dan modul, sementara untuk tabel dan objek lainnya disimpan di dalam server basis data yang membelakangi program tersebut.

  1. Pengembangan dengan Access

Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua tabel basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya (*.MDB). Untuk membuat Query, Access menggunakan Query Design Grid, sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman SQL. Di dalam Query Design Grid, para pengguna dapat memperlihatkan tabel basis data sumber dari query, dan memilih field-field mana yang hendak dikembalikan oleh proses dengan mengklik dan menyeretnya ke dalam grid. Join juga dapat dibuat dengan cara mengklik dan menyeret field-field dalam tabel ke dalam field dalam tabel lainnya. Access juga mengizinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi kode SQL jika memang diperlukan. Bahasa pemrograman yang tersedia di dalamAccess adalah MicrosofVisual Basic for Applications (VBA), seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office. Dua buah pustaka komponen Component Object Model (COM) untuk mengakses basis data pun disediakan, yakni Data Access Object (DAO), yang hanya terdapat di dalam Access 97, dan ActiveX Data Objects (ADO) yang tersedia dalam versi-versi Access terbaru.

  1. Kelebihan Microsofs Access

Beberapa pengembang aplikasi professional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat atau yang sering disebut dengan Rapid Application Development / RAD Tool khususnya untuk pembuatan program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman. Dilihat dari segi perspektif programmer keunggulan Microsoft Acces adalah

kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL). Microsoft Accessmengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua table basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya. Misalnya untuk membuat query, Microsoft menggunakan Query Design Grid, sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa SQL nya. Bahasa Pemrograman yang digunakan di dalam Microsoft Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications ( VBA ) seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office lainnya.

  1. Kekurangan Microsoft Access

Karena kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan maka bayak pengguna Microsoft Accessmenggunakan solusi system manajemen basis data yang bersifat klien server.

BAB III

PENUTUP

 

Kesimpulan

Powerpoint merupakan program dari Microsoft Office yang dibuat oleh perusahaan Microsoft dan dipergunakan untuk membantu presentasi dan memiliki versi yang berbeda-beda. Begitu pula cara penggunaan relatif mudah di bandingkan dengan menggunakan OHP.

Microsoft office Access merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh para pengusaha menengah sampai pengusaha kecil untuk menjalankan usaha mereka  dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP).

Saran

Makalah ini jangan berhenti sampai disini saja tetapi barang siapa yang membaca hendaklah mengerti dan memiliki keinginan untuk memperbaiki dan melanjutkan, tidak hanya copy paste untuk memenuhi tugas.

Sebagai pengguna aplikasi Microsoft Office Acces kita harus mempelajarinya sampai dalam dan kita juga harus menemukan aplikasi yang sejenis dengan Microsoft Office Access,namun lebih canggih.

DAFTAR PUSTAKA

Anonymous.2010. Sejarah Microsoft Access dan Penggunaanya. Wikipedia.org

Diakses tanggal 24 April 2014.

Grauer, Robert T. dan Maryyan Barber.Microsoft Office Access 2013 revised comprehensive.UpperSaddle River, NJ,: Prentice Hall, 2006.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *