Contoh Makalah Pioneering Pramuka

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah kami Panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,Karena berkat karuniaNya lah kami telah dapat menyelesaikan karya tulis ini.
Dengan terselesainya penulisan karya tulis ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada guru bidang studi Yang telah banyak memberikan masukan kepada kami sehingga terselesainya Makalah ini., Serta kepada Orang tua dan teman-teman yang telah banyak membantu baik secara langsung maupun tidak langsug dalam menyelesaikan karya tulis ini.
kami menyadari keterbatasan ilmu, Penelitian dan pengalaman dalam membuat karya tulis ini, oleh karena itu, Masukkan berupa saran dan kritikan yang berguna sangat kami harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini dan semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri dan juga para pembaca.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dalam kegiatan teknik kepramukaan banyak hal yang kita pelajari salah satunya adalah pioneering. Sebagai seorang anak pramuka sudah pastinya memiliki ciri khas,yaitu salah satunya tongkat dan tali. Jadi pioneering ini pada dasarnya adalah sebuah kreativitas kita dengan memanfaakan tongkat dan dali. Namun bukan hanya sekedar kreativitas semata, pioneering ini harus dapat berguna bagi diri lita sendiri dan juga bagi masyarakat luas. Pioneering ini sebenarnya bayak beredar di sekitar kita namun kita tidak menyadarinya. Karena pioneering ini banyak sekali macamnya dari bentuk sederhana sampai bentuk yang sangat rumit. Bentuknya bermacam-macam sesuai dengan keguanan pioneering itu tersendiri.
Dalam era globalisasi ini pioneering memang sudah di kombinasikan dengan teknologi modern. Namun tidak ada salahnya kita sebagai anak pramuka mempelajari ilmu pioneering ini. Karena walaupun hampir semua hal bias dibeli dengan uang, sebagai seorang pramuka kita dituntut agar menjadi orang yang memiliki kreativitas yang tinggi. Jadi selain bisa di gunakan untuk ajang menambah kretivitas. pioneering ini kita bisa manfaatkan di kehidupan kita sehari hari. Dengan segudang manfaat dan segudang jenis kita memilih dan memadukan kreativitas kita dalam membuat pioneering dan tentunya bias bermanfaat bagi kita dan masyarkat banyak.
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah, diantaranya:
a. Apa pengertian sari pioneering
b. Apa manfaat dari pioneering
c. Ap tujua pembuatan pioneering
d. Apa contoh dari pioneering
1.3 Tujuan
Dari rumusan masalah diatas, dapat disimpulkan bebrapa tujuan dari pembuatan makalah ini diantaranya:
a. Untuk mengetahui pengertian dari pioneering
b. Untuk mengetahui manfaat dari pioneering
c. Untuk mengetahui tujuan dari pembuatan pienering
d. Untuk mengetahui beberapa contoh dari pioneering
1.4 Manfaat
Manfaat dari pembuatan makalah ini adalah untuk memberikan wawasan lebih mengenai pionering manfaat dari pioneering dan selain itu agar pembaca dapat mengaplikasikan pionering kedalam kehidupan sehari-hari.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pionering
Menurut asal katanya, pioneering berarti bangunan darurat, yakni pembuatan suatu bentuk bangunan dengan menggunakan alat dasar tali dan tongkat. Seorang anggota pramuka diharapkan memiliki ketrampilan khusus dalam menggunakan alat ini, karena keduanya merupakan alat-alat dasar yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan multifungsi dan dikarenakan sangat sistematisnya. Namu dalam kehidupan umum pioneering ini bias juga dibuat dari bahan yang ada di sekitar kita yang bisa berupa kayu, bamu, besi, rotan dll.
Pioneering sangat erat hubunganya dengan tongkat dan tali, maka jika kita ingin terampil dalam membuat pioneering kita harus menguasai tali, simpul, dan ikatan. Selain itu kita harus sdah mengetahui alat-alat apa saja yang akan digunakan dalam pembuatan pioneering.
Pada dasarnya pioneering ini merupakan sebuah kerativitas kita dalam menggunakan tongkat dan tali. Jadi pioneering ini harus dapat berguna bagi diri kita sendiri dan jug bagi masyarakat luas jadi dalam kehidupan kali ini ilmu pioneering ini bnyak digunakan dalam kegiatan perkemahan dan dalam keadaan darurat. Sebenarnya masyarakat di sekitar kita sudah menerapkan ilmu pioneering ini dalam kehidupan sehari-hari.

2.2 Manfaat Dari Pionering
Setiap barang, benda, karya, dan apapun itu yang dibuat pasti memiliki nilai manfaat dan daya guna dari barang tersebut. Jadi manfaat dari pioneering ini secara umum agar dapat mempermudah dalam kegiatan manusia seperti pembuatan jemuran. Selain itu pioneering ini juga dapan berupa karya seni yang sudah bnyak dikreasikan.
Selain itu kegiatan dalam membuat pioneering juga dapatmemberikan manfaat bagi para pembuat atu anggota yang membuat pioneering. Karena dalam kegiatan ini memiliki mafaat sebagai berikut:

a. memupuk rasa kebersamaan, kekompakan dan kerja sama yang baik antar peserta.

b. Dapat diterapkan pada saat situasi genting maupun P3K (pertolongan pertam pada kecelakan)

c. Memproyeksi pemikiran peserta dalam merancang suatu objek sebenarnya( bukan model)
Manfaat dari pioneering yang disebutkan diatas merupakan sebagian kecilnya, karena masih banyak lagi manfaat dari pioneering. Pioneering ini lahir dari pemikiran seseorang dan hanya pembuatnyalah yang pada awalnya mengetahui manfaatnya. Mafaat dari pioneering ini tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari.

2.3 Tujuan Pembuatan Pionering
Tujuan dari pembuatan pioneering ini secara umum adalah sebagi alat untuk membantu kehidupan masyarakat. Conthnya itu banyak ada di masyarakat yang dapat membantu kita seperti, jembatan jemuran dll.
Dalam kehidupan kepramukaan ilmu pioneering ini memiliki tujuan yaitu untuk memberi informasi, memberikan ilmu baru dan mengasah keterampilan peserta dalm membuat sebuah model suatu objek sederhana yang nantinya dapat diaplikasikan di kehidupan pada saat dan sesudah kegiatan kepramukaan.

2.4 Beberapa Contoh Pionering
Pada umumnya pioneering ini di buat untuk memubdahkan kehidupan kita. Dalam pembuata pioneering ini simpul dan ikata yang sering digunaka adalah iktan palang, ikatan jangkar, simpul mati, tambat dan juga dapat dikombinasikan dengan simpul dan ikatan lainnya. Macam-macam model pioneering menara pandang, antara lain :
a. Menara pandang segitiga
b. Menara pandang dua segitiga bersilangan
c. Menara pandang dua segitiga terbalik
d. Menara pandang dua kaki
e. Menara pandang segiempat segitiga
f. Menara pandang segiempat persegi
g. Menara pandang segi empat enam kaki
Jadi itu merupakan beberapa model pioneering yang secara khusunya merupakan di bagian menara pandang yang sangat sering kita lihat dalam kegiatan pramuka.
Jadi masih banyak lagi jenis pioneering yang bnyak tersebar di sekitaran kita baik yang di gunakan oleh masyarakat maupun yang digunakan oleh anak pramuka. Berikut merupakan beberapa contoh dari pioneering.

a. Menra pandang
Menara pandanng mungkin sudah tidak asing lagi bagi seorang anak pramuka. Menara pandang merupkan salah satu bagian dari pioneering yang bisa di gung\akan sebagai tempat memantau keadaan dari atas, selain itu juga dapat digunakan sebai tempat menerim dan mengirim pesan dengan menggunakan semaphore dan masih banyak lagi kegunaanya.

b. Tempat prabotan
Pioneering seperti ini biasanya sering di gunakan pada saat kita melakukan perkemaha.bentuk pioneering ini pun banyak macamnyan dan juga banyak gunanya.

c. jembatan
Pioneering ini merupakan subah srana sebagai alat penyebrangan. Pada jaman dulu bnyak yang menggunkan pioneering ini sebelum jembatan modern ada.

d. Nah berikut mrupaka contoh sebuah kreasi dari pioneering:
Macam simpul dan kegunaannya

1. Simpul ujung tali
Gunanya agar tali pintalan pada ujung tali tidak mudah lepas
2. Simpul mati
Gunanya untuk menyambung 2 utas tali yang sama besar dan tidak licin
3. Simpul anyam
Gunanya untuk menyambung 2 utas tali yang tidak sama besarnya dan dalam keadaan kering
4. Simpul anyam berganda
Gunanya untuk menyambung 2 utas tali yang tidak sama besarnya dan dalam keadaan basah
5. Simpul erat
Gunanya untuk memendekkan tali tanpa pemotongan
6. Simpul kembar
Gunanya untuk menyambung 2 utas tali yang sama besarnya dan dalam keadaan licin
7. Simpul kursi
Gunanya untuk mengangkat atau menurunkan benda atau orang pingsan
8. Simpul penarik
Gunanya untuk menarik benda yang cukup besar
9. Simpul laso

Macam Ikatan dan Kegunaannya
1. Ikatan pangkal
Gunanya untuk mengikatkan tali pada kayu atau tiang, akan tetapi ikatan pangkal ini dapat juga
digunakan untuk memulai suatu ikatan.
2. Ikatan tiang
Gunanya untuk mengikat sesuatu sehingga yang diikat masih dapat bergerak leluasa misalnya
untuk mengikat leher binatang supaya tidak tercekik.
3. Ikatan jangkar
Gunanya untuk mengikat jangkar atau benda lainnya yang berbentuk ring.
4. Ikatan tambat
Gunanya untuk menambatkan tali pada sesuatu tiang/kayu dengan erat, akan tetapi mudah untuk melepaskannya kembali. Ikatan tambat ini juga dipergunakan untuk menyeret balik dan bahkan ada juga dipergunakan untuk memulai suatu ikatan.
5. Ikatan tarik
Gunanya untuk menambatkan tali pengikat binatang pada suatu tiang, kemudian mudah untuk
membukanya kembali. Dapat juga untuk turun ke jurang atau pohon.
6. Ikatan turki
Gunanya untuk mengikat sapu lidi setangan leher
7. Ikatan palang
8. Ikatan canggah
9. Ikatan silang
10. Ikatan khaki tiga

BAB III

PENUTUP

SIMPULAN

                 Pioneering merupakan hasil karya dengan mengkombinasikan antara tomgkat dan tali secar umum pioneering merupakan sebuah bangunan darurat yang mengguanakan tongkat dan tai. Pioneering ini sangat berguna bagi kehidupan masyarakat sehari-hari.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *