Game Online Indonesia Terbaik


Apakah kalian sudah tau game jaman dulu hingga sekarang.

Saya yakin kamu semua setuju dengan saya, bahwa industri gaming di Indonesia masih didominasi oleh game online free to play. Semenjak awal kemunculannya, game online (khususnya MMORPG) yang dipioniri oleh Nexia, Redmoon dan Laghaim di Indonesia, tidak berhenti berkembang, terutama setelah dirilisnya Ragnarok Online pada tahun 2003 oleh Lyto.

Sekarang rasanya jumlah MMORPG sudah sangat menjamur, dan berbagaigame yang sangat seru, unik dan berkualitas telah bermunculan. Namun juga terdapat banyak sekali MMORPG yang tidak seru dan terbengkalai, translasi yang amat buruk dan bahkan sang developer meninggalkan gametersebut begitu saja sampai seluruh pemainnya perlahan-lahan habis. Nah, dari sekian banyak MMORPG, saya yakin kamu penasaran mana game yang patut kamu coba bukan? Berikut adalah 10 game online server Indonesia terbaik.

Ragnarok Online

Rasanya saya tidak perlu menjelaskan banyak tentang Ragnarok Online. Banyak diantara kamu pasti memiliki banyak kenangan dan memori indah dalam MMORPG keren ini. Hingga sampai saat ini Ragnarok Online masih menjadi sebuah MMORPG dengan pertempuran paling kilat, baik PVE maupun PVP. Boss monster yang disebut MVP jauh lebih mudah tewas dibanding MMORPG lain, dan sebaliknya juga jauh (benar-benar jauh) lebih mudah membunuh para pemain.

War of Emperium (WOE) adalah salah satu fitur yang hingga sekarang menjadi daya utama dari game ini, yang memungkinkan semua guild bisa berpartisipasi untuk berusaha menguasai kastil secara battle royale. Puluhanguild bisa berada dalam satu kastil dan saling berperang satu sama lain untuk menguasai emperium, sang tahta kerajaan. Ragnarok Online di Indonesia masih cukup ramai hingga sekarang dan sepengetahuan saya ini adalah MMORPG Indonesia tertua yang masih bertahan.

Update yang disediakan Ragnarok Online dari zaman kelahirannya hingga sekarang juga sudah sangat banyak. Saya masih ingat masa-masa awal game ini muncul, yang baru terdapat job 2.1 seperti Knight, Priest, Blacksmith dan lainnya. Setelah itu muncullah job 2.2, kemudian Rebirth, dan sekarangjob 4 (versi internasional menyebut job ini sebagai job 3). Total peta dan monster yang ditambah juga termasuk signifikan, dan game ini mungkin adalah MMORPG dengan update besar terbanyak di Indonesia.

Website: Ragnarok Online

Counter Strike Online

Siapa yang belum pernah mendengar Counter Strike? Semua pasti pernah. Bagaimana dengan Counter Strike Online (CSO)? Mungkin tidak semua orang pernah mendengarnya. Seperti yang bisa kamu tebak sendiri, Counter Strike Online adalah sebuah game FPS yang menceritakan pertempuran antaraTerrorist dengan pasukan elit anti teror (counter terrorist). Counter Strike bisa dibilang adalah kakek buyut dari FPS di Indonesia, dan CSO adalah penerusnya.

Counter Strike Online memiliki original mode dimana kamu bisa bermain seperti Counter Strike terdahulu. Sisanya adalah gameplay yang cukup unik seperti Deathmatch yang memberikanmu berbagai senjata sesuai dengan jumlah poin yang telah kamu dapat. Senjata yang ditawarkan juga sangat variatif dan diantaranya konyol, seperti SMG Thompson yang digunakan mafia zaman dulu.

Counter Strike Online juga memiliki sistem progression dalam bentuk pengembangan senjata. Kamu bisa “menempa” senjatamu untuk menambah kekuatan, kecepatan dan atribut lainnya. Tentu saja hal ini membuat game kurang imbang dan malah menjadi lebih mirip dengan MMORPG sehingga karakter dengan level tinggi dan rajin meningkatkan kualitas senjata akan lebih kuat dari lainnya.

Namun di situlah justru yang menjadi daya tarik. Perasaan yang kamu dapat saat berhasil menempa sebuah senapan (entah bagaimana caranya senapan ditempa) ke tingkat yang sangat tinggi tentunya sangat luar biasa. Tentu saja, peningkatan atribut ini tidak cukup signifikan sehingga pemain baru masih bisa membunuhmu.

League of Legends

Indonesia punya beberapa game MOBA, tetapi tidak ada satu pun yang sebaik League of Legends. Tidak heran sebenarnya, karena League of Legendssaat ini adalah game dengan pemain terbanyak di dunia. Saat League of Legends datang ke Indonesia saya sendiri kaget, tidak percaya dan sangat berbahagia.

Sebenarnya sudah tidak perlu dipungkiri lagi bahwa Dota 2 adalah MOBA paling populer di Indonesia, namun League of Legends adalah sebuah alternatif yang sangat mantap. Jika kamu sudah memainkan Dota 2 lalu berkomentar bahwa League of Legends terlalu mudah dan hanya untuk orang “cupu”, mari kita berduel di kedua game ini, dan saya akan buktikan bahwa ilmu saktimu di Dota 2 tidak akan membuatmu jago di MOBA yang satu ini.

Salah satu aspek yang berbeda di League of Legends adalah champion yang harus dibeli. Kamu bisa mendapatkan 5 champion yang gratis secara permanen dan 5 champion yang dirotasi setiap minggunya. Namun kamu bisa membeli champion yang lain menggunakan mata uang in-game yang kamu dapatkan setiap permainan atau langsung membelinya menggunakan uang asli tentunya.

Selain itu League of Legends memiliki sistem mastery yaitu semacam “skill tree” yang akan menambah status champion secara pasif. Tentunya peningkatannya tidak terlalu parah, sehingga kamu akan masih memiliki kesempatan untuk mengalahkan pemain lain yang sudah memiliki levellebih tinggi. Selain itu selaku “summoner” dari sang champion kamu memiliki dua macam spell yang bisa dipilih untuk dibawa ke pertarungan seperti healing untuk menyembuhkan luka dan ghost yang meningkatkan kecepatan gerakan champion kamu untuk sementara waktu.

Website: League of Legends Indonesia

Ragnarok Online 2

Jika menurutmu World of Warcraft adalah MMORPG terbaik di dunia saat ini, maka Ragnarok Online 2 kemungkinan adalah MMORPG di Indonesia yang paling baik untukmu. Dilihat dari namanya saja kita sudah tahu bahwa Ragnarok Online 2 adalah sekuel dari Ragnarok Online, namun gameplay yang ditawarkan sangat berbeda dan para veteran di World of Warcraft akan lebih cepat menguasai game ini dibanding para veteran Ragnarok Online pertama.

Ragnarok Online 2 terasa seperti sebuah game ala World of Warcraft yang dibalut dengan tema Ragnarok Online, dan meskipun saya benci untuk mengakuinya, namun membuat game ini lebih menarik bagi saya. Bertarung melawan monster-monster imut seperti Poring dan Bapho Jr.serta melawan boss mematikan berbentuk Baphomet terasa lebih greget.

Lalu apa yang membedakan World of Warcraft dengan game ini, diluar dari temanya? Guild war! Sistem guild war di Ragnarok Online 2 mengambil inspirasi dari seri sebelumnya yaitu War of Emperium. Meskipun harus diakui tidak sekeren dan segila Ragnarok Online, guild war di Ragnarok Online 2masih termasuk seru.

Saya yakin kamu yang pernah bermain World of Warcraft setuju bahwa fitur guild pada game tersebut terlalu minim dan tidak terlalu ada dorongan untuk bergabung ke guild kecuali untuk mencari teman berburu. Bertahun-tahun setelah dirilis World of Warcraft akhirnya menambah fitur guild skill,dan dengan fitur ini saja Ragnarok Online 2 masih memiliki fungsi

Website: Ragnarok Online 2

Atlantica Online

Suka sistem pertarungan turn based ala Final Fantasy dan Suikoden?Kemungkinan kamu akan suka dengna Atlantica Online. MMORPG yang satu ini mengedepankan sistem sandbox yang membuat semua kota yang ada di dunia tetap relevan saat kamu sudah mencapai level tertinggi, tidak seperti MMORPG lain yang cenderung membiarkan kota-kota untuk level kecil terbengkalai begitu saja.

Atlantica Online melakukan hal ini dengan memungkinkan para guild dalamgame untuk memiliki kota. Kota-kota ini bisa dikembangkan dengan menambahkan berbagai fasilitas yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Tidak hanya itu, di Atlantica Online semua “rumah lelang” di setiap daerah berbeda, sehingga bisa saja kamu mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah jika kamu rajin eksplorasi.

Sistem pertarungan Atlantica Online juga memungkinkan kemunculan sistem mercenary, yaitu prajurit-prajurit yang akan membantumu bertarung. Setiap mercenary memiliki kemampuan berbeda-beda dan bisa “berevolusi”. Sebagai contoh Spearman bisa berevolusi beberapa kali dan berakhir pada class hero Zhao Yun.

Mercenary yang kamu rekrut tidak akan bersamamu selamanya. Setelah beberapa waktu terlewati, mercenary akan pensiun dan kamu harus merekrut mercenary baru dan melatihnya lagi. Hal ini membuat kamu harus terus aktif, dan saat kamu mencapai level tertinggi pun kamu akan kembali ke daerah lama untuk mencari mercenary dan melatihnya.

Website: Atlantica Online

SD Gundam Capsule Fighter Online

Ah, Gundam. Jika saya tidak objektif, saya akan memasukkan game yang satu ini di paling atas karena saya adalah penggemar Gundam. SD Gundam Capsule Fighter Online adalah sebuah game Third Person Shooter (TPS) yang didasarkan pada anime. Diluar dugaan, SD Gundam Capsule Fighter Onlineadalah salah satu game online TPS terbaik yang pernah saya mainkan. Bukan karena sekedar temanya, tapi juga gameplay-nya.

Dalam SD Gundam Capsule Fighter Online terdapat ratusan mobile suit (robot)yang dibagi-bagi ke beberapa ranking dan tipe. Rank C adalah rank terendah dan berisi mobile suit lemah yang di dalam anime kebanyakan digunakan oleh prajurit-prajurit biasa yang biasanya menjadi background ledakan.

Rank S adalah rank terkuat yang berisikan mobile suit milik karakter utama atau temannya dan mampu menghancurkan puluhan mobile suit rank C dalam sekali tebas untuk menghasilkan background ledakan. Untungnya digame ini rank C tidak selemah itu, dan meskipun tetap sulit melawanrank SS, kamu tidak akan tewas dalam sekali tembak begitu saja.

Tingkat kustomisasi yang bisa kamu lakukan cukup terbatas dan bisa dibilang sama dengan gunpla. Kamu bisa mengubah warna mobile suitmilikmu dan memasang berbagai macam decal. Diluar itu kamu hanya bisa melakukan kustomisasi status berupa upgrade yang tidak akan merubah penampilan sama sekali.

Website: SD Gundam Capsule Fighter Online

Dragon & Emperor Online

Saya pernah membuat review mengenai game ini dan di review tersebut saya menyebutkan bahwa Dragon & Emperor Online adalah sebuah game yang bisa menjadi panutan bagi para publisher di Indonesia. Dragon & Emperor Onlineadalah MMORPG dari Tiongkok (saya tidak suka menggunakan kata ini sama sekali) yang terlihat biasa saja, namun ketika mencobanya membuat saya jatuh cinta dan ketagihan bermain untuk waktu yang cukup lama.

Dragon & Emperor Online adalah sebuah MMORPG yang akan jauh lebih nikmat jika kamu bisa mengajak temanmu untuk ikut bermain. Sistem “relasi” dalam game ini sangat mendetil dan variatif. Guru-murid, suami istri, clan, guild sampai persaudaraan. Jika kamu memiliki cukup banyak teman, saya bisa pastikan kamu akan menikmati game ini untuk waktu yang lama.

Audition AyoDance

Saya cukup yakin beberapa diantara kamu ada yang kaget, tidak terima dan mungkin kesal mendadak karena memasukkan game ini ke daftar 10 game online terbaik. Yap, saya menyadari banyak sekali orang-orang yang membenci game ini tanpa alasan yang cukup valid. Tetapi tidak peduli kamu suka atau tidak, Audition Ayodance masih menjadi sebuah game online casual terbaik di Indonesia saat ini.

Tentunya kamu yang pernah memainkan atau setidaknya melihat Audition AyoDance, yang mengharuskan kamu untuk menekan tombol panah dalam waktu cepat dan menekan tombol spasi di saat yang tepat untuk mendapatkan skor setinggi-tingginya. Berkat Audition AyoDance, Indonesia tidak lagi hanya memiliki game online berupa RPG dan FPS saja, namun juga berbagai game casual.

Semenjak kemunculan Audition mulai muncul beberapa game serupa di Indonesia. Banyak diantaranya yang saat ini sudah tutup dan mungkin satu-satunya yang masih bertahan hingga saat ini adalah Idol Street. Tetapi tetap saja, Audition masih menjadi game dance casual teramai hingga sekarang dan terus diminati oleh kalangan gamer tertentu.

Website: Audition AyoDance

Rising Force Online

Rising Force Online mungkin juga adalah MMORPG terjadul yang paling sukses setelah Ragnarok Online. Saat kemunculannya Rising Force Online atau lebih dikenal dengan singkatan RF menjadi alternatif yang seru bagi para penggemar MMORPG yang menyukai tema sci-fi.

Dalam Rising Force kamu menjadi satu dari tiga faksi yang bertarung satu sama lain, yaitu Bellato dengan ciri khas postur tubuh yang pendek dan bisa menggunakan robot raksasa, Cora dengan postur tubuh tinggi dan pandai menggunakan sihir dan memanggil monster, dan Accretia yang merupakan ras robot yang memiliki senjata khusus yang mampu menghasilkan ledakan mematikan dari jarak jauh bernama launcher.

Rising Force sekali lagi menarik banyak pemain berkat sistem PvP-nya yang seru, yang memungkinkan ketiga faksi sekaligus bertarung satu sama lain memperebutkan sebuah goa yang berisi bahan material berharga setiap tiga kali sehari (layaknya makan obat). Peperangan antar tiga bangsa serta kemampuan para pemain untuk menjadi pemimpin bangsa atau menteri membuat perang tersebut sangat seru. Saya sendiri dulu sampai rela bangun sejak subuh untuk berpartisipasi di perang pagi hari sebelum pergi ke sekolah.

Website: Rising Force Online

Kingdoms Online

3 Kingdoms Online mungkin tidak terlalu berumur dibandingkan dengan MMORPG yang ada di daftar ini, tetapi game dengan sistem yang unik dangameplay yang seru ini telah membawa warna baru ke dunia MMORPG di Indonesia. Hingga sekarang 3 Kingdoms Online masih cukup ramai dan bahkan pada bulan lalu game ini baru membuka server terbarunya.

Dalam 3 Kingdoms Online kamu tidak hanya mengontrol karaktermu tetapi juga prajurit. Para prajurit ini bisa kamu latih sehingga mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam perang. Selain itu 3 Kingdoms Online juga memiliki berbagai sistem perang yang seru seperti sistem Total War.

Bagian paling menarik dari 3 Kingdoms Online bagi saya justru adalah bagian PvE-nya. Setiap kali sebuah world boss muncul semua pemain di servertersebut bisa menyerang dia bersama-sama dan jika beruntung mendapatkan barang berharga. Jika tidak salah ingat bahkan kuda dari Zhao Yun pernah dijual dengan harga puluhan juta Rupiah saking langkanya.

3 Kingdoms Online juga sering mendapatkan update yang menambah peta, musuh dan boss baru yang senantiasa memberikan tantangan dan perlengkapan baru yang bisa kamu dapatkan jika beruntung. Jika kamu mencari sebuah MMORPG Indonesia dengan tema perang tiga kerajaan, 3 Kingdoms Online adalah pilihan terbaik saat ini.

3 Kingdoms Online

Kategori
Artikel sebelumnya

Artikel selanjutnya

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *