Karya Tulis Ilmiah PPKN Pembunuhan Sekretaris Cantik (Hayriantira)

KATA PENGANTAR

Alhamdulilah puji syukur atas kehadirat Allah Swt karena rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini yang berjudul “Pembunuhan Sekretaris Cantik (Hayriantira)” Selain sebagai tugas karya tulis ini juga dibuat untuk menambah pengetahuan dan ilmu tentang pelanggaran HAM dan perspektif pancasila.
Harapan dari pembuatan karya tulis ini semoga nantinya dapat berguna, jika ada kesalahan dalam penyusunan karya tulis ini penulis mengharap kan kritik dan sarannya agar menjadi karya tulis yang lebih baik.

Tanjung Bintang, Agustus 2015

A. Pendahuluan
Hak asasi manusia atau yang disebut HAM merupakan anugerah tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa diperjuangkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Hak asasi manusia di Indonesia diatur dalam berbagai hukum diantaranya dalam Undang-Undang Dasar Negara Republic Indonesia Tahun 1945 dan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia.
Baru-baru ini telah terjadi kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) yang tewas mengenaskan di hotel Cipaganti, Garut Jawa Barat. Mayatnya ditemukan didalam bakmandi dengan posisi terkelungkup dan telanjang bulat. Dalam karya tulis ini saya akan membahas lebih lanjut tentang kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira).
Harapan penulis dalam membut karya tulis ini yaitu semoga kasus ini cepat terselasaikan dan mendapatkan hukuman yang seadil-adilnya. Dan dapat menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa perbuatan yang menghilangkan nyawa seseorang apa lagi tanpa alasan yang pasti maka itu dapat dikategorikan melanggar HAM.

B. Identifikasi Masalah
1. Apakah yang menjadi penyebab terjadinya kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) ini ?
2 .Apakah yang dilakukan andy ketika di hotel cipaganti bersama rian?
3. Bagiamana kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) ini jika dikaitkan dengan HAM ?
4. Apakah kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) ini termasuk pelanggarran HAM ?
5. Bagaimana kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) ini menurut pandangan pancasila ?

C. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari karya tulis ini untuk mengetahui apakah kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) termasuk pelanggaran HAM dan bagaimana kasus ini menurut pandangan pancasila.

D.Tujuan Penulisan
1. Tujuan penulis membuat karya tulis ini untuk mengetahui apakah yang menjadi penyebab kasus pembunuhan sekretaris cantik ( Hayriantira)
2. Tujuan penulis membuat karya tulis ini untuk mengetahui apakah yang dilakukan Andy ketika di hotel Cipaganti bersama Rian.
3. Tujuan penulis membuat karya tulis ini untuk mengatahui bagaimana kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) ini jika dikaitkan dengan HAM.
4 .Tujuan penulis membuat karya tulis ini untuk mengetahui apakah kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) ini termasuk pelanggaran HAM.
5. Tujuan penulis membuat karya tulis ini untuk mengetahui bagaimana kasus ini dalam pandangan pancasila.

E. Sinopsis
Hayriantira dilaporkan menghilang semenjak bulan November 2014 lalu, Hayriantira (37) atau kerap disapa Rian, perempuan cantik yang bekerja pada perusahaan PT XL Axiata Tbk ditemukan oleh pihak kepolisian, dengan kondisi sudah tidak bernyawa. Sebelumnya pihak kepolisian telah menerima sebuah laporan terkait hilangnya Hayriantira dari pihak keluarga, tanggal 14 April 2015 sekitar 9 bulan, tepatnya pada bulan Agustus 2015, Ryan ditemukan. Tetapi, Hayriantira, sekretaris cantik XL ditemukan dengan kondisi sudah meninggal dunia di Hotel Cipaganti, Garut, Jawa Barat.
Saat ditemukan, kondisi dari ibu 2 anak tersebut sangat mengenaskan. Mayatnya ditemukan ada didalam bak mandi dengan posisi tubuh telungkup juga telanjang bulat.
Sekretaris Bos XL, Hayriantira, (37) dibunuh oleh teman dekatnya Andy Wahyudi di sebuah hotel di kawasan Garut, Jawa Barat pada 30 Oktober 2014. Kasus ini terkuak setelah Hayriantira dinyatakan hilang selama 8 bulan. Hilangnya wanita yang akrab disapa Rian itu berhasil terungkap, berkat laporan showroom mobil yang menuduh bahwa Andy melakukan pemalsuan surat atau dokumen. Dia diketahui memalsukan tanda tangan Rian saat melakukan balik nama pada mobil korban. Saat laporan masuk di kepolisian, penyidik langsung mendatangi kediaman korban.
Ketika itu, polisi melihat ada mobil Rian bernomor polisi B 1277 EOA yang terparkir di kediamannya. Namun pelaku mengaku tak tahu keberadaan Rian.Seketika polisi langsung menyeret Andy ke kantor polisi untuk dimintai keterangan.

Dari sinilah kasus pembunuhan tersebut terungkap. Andy pun mengakui bahwa dia membunuh Hayriantira. Dia menghabisi nyawa korban dengan cara membekap hingga meninggal, lalu memindahkan korban ke bak kamar mandi.
Setelah berkoordinasi dengan Polres Garut, ternyata Polres Garut pernah menerima laporan penemuan mayat di kamar mandi, dalam kondisi telanjang. Ini sesuai dengan keterangan Andy.
Saat Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), tak ditemukan identitas dan sidik jari yang mengarah ke pelaku pembunuhan.
Lantaran mayat tanpa identitas, pihaknya langsung menguburkan jenazah di Garut dengan nama Miss X.

F. Langkah Kerja

1. Penulis menentukan ide atau kasus apa yang nantinya akan dibahas di dalam karya tulis ini, penulis melakukan browsing di berbagai media sosia yang berupa artikel-artikel dari berbagai sumber.
2. Langkah selanjutnya penulis melakukan analisa kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) dari berbagai sumber yang didapat.
3. Selanjutnya penulis membuat synopsis tentang kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) ini dengan memadukan dari berbagai sumber.
4. Setelah itu untuk menjawab identifikasi masalah kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) ini penulis melakukan browsing dari berbagai sosial media dan dari buku pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas XI dan XII sebagai referensi.
5. Dan yang terakhir penulis menyusunnya ke dalam bentuk karya tulis.

G. Hasil pembahasan
1. Kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) ini disebabkan lantaran sakit hati si Andy yang nafsunya tidak dituruti oleh Ryan,hal itu menyebabkan Andy kesal dan akhirnya dia membunuh Ryan dengan cara mencekik dan menenggelamkannya ke dalam bak mandi.
2. Saat berada di hotel Cipaganti Garut, Jawa Barat Andy membunuh Rian dengan cada dibekap dan dicekik hingga meninggal, dan pergi dengan membawa mobil korban dengan nomor polisi yang sudah dipalsukan.
3. Kaitannya kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) dengan HAM yaitu kasus ini masuk dalam pelanggaran HAM berat.
4. Kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) termasuk pelanggaran HAM. kejahatan HAM pelanggaran berat digolongkan menjadi dua yaitu genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan. kasus ini termasuk pelanggaran HAM berat tentang kejahatan terhadap kemanusiaan yaitu pembunuhan.
5. .menurut pandangan pancasila
• Nilai ideal
Kasus ini melanggar nilai ideal sila kemanusiaan yang adil dan beradap

• Nilai instrumental
Kasus ini melanggar UUD 1945 pasal 28A yaitu member jaminan tentang hak hidup dan mempertahankan kehidupan. Dan pasal 9 UU Nomor 39 tahun 1999 tentang memberi hak setiap orang untuk hidup, dan meningkatkan taraf kehidupannya.
• Nilai praksis
Kasus ini melanggar sila kedua “kemanusiaan yang adil dan beradap” yaitu:
a) Saling mencintai sesama manusia
b) Tidak semena-mena terhadap orang lain
c) Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan
Dan sila kelima “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”
• Menghormati hak-hak orang lain

H. Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa kasus pembunuhan sekretaris cantik (Hayriantira) ini termasuk pelanggaran HAM, karena kasus ini melanggar UUD 1945 pasal 28 A dan melangaar nilai idealis yaitu sila kedua ” kemanusiaan yang adil dan beradap” dalam kasus ini Andy melakukan suatu perbuatan yang tidak berprikemanusiaan, melanggar nilai instrumental yaitu UUD RI 1945 pasal 28A, dan UU nomor 39 tahun 1999, dan melanggar nilai praksis yaitu sila kedua “keadilan yang adil dan beradap” dan sila kelima “keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.

I. Referensi

https://azzahra-official.com/karya-tulis-ilmiah-ppkn-pembunuhan-sekretaris-cantik-(hayriantira) 

Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI
Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *