Laporan Kewirausahaan (KWU) Tempe isi Telur Puyuh


Contoh Laporan Kewirausahaan (KWU) Tempe isi Telur Puyuh

KATA PENGANTAR

Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah SWT. Selain itu, penulis juga merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik iman maupun islam.
Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini Penulis sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Guru Pembimbing. dan semua tim kelompok yang turut membantu proses penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari dalam makalah ini masih begitu banyak kekurangan-kekurangan dan kesalahan-kesalahan baik dari isinya maupun struktur penulisannya, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan dikemudian hari.
Demikian semoga makalah ini memberikan manfaat umumnya pada para pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri. Amin.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………1
DAFTAR ISI………2
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah…………3
1.2. Tujuan Usaha…………3
1.3. Pelaksanaan Kegiatan………4

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Tempe isi telur puyuh…….5
2.2 Proses Pemasaran…….5
2.3 Proses Penjualan………..5
2.4 Kendala yang dihadapi……….5
2.5 Laporan Keuangan dan Laba……7
2.5 Hasil dan Pembahasan……7

BAB III PENUTUP
Kesimpulan………8
Saran..……8
Lampiran………9

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
Dalam tantangan bisnis termasuk dalam menghadapi customer maka sebagai Siswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas ini kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana guna mendapatkan pembelajaran untuk menjadi seorang wirausahawan. Usaha ini di dasari oleh tugas kelompok dimana tugas ini di kerjakan secara berkelompok,
Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi setiap individu untuk masa yang akan datang. Saat ini kami mencoba menawarkan produk yang berupa makanan ringan
Tujuan usaha ini merupakan sebuah pencapaian tujuan usaha yaitu profit, akan tetapi tidak hanya sekedar profit saja yang kami coba temukan melainkan penekanan pada pengalaman sebuah proses wirausaha. Karena melalui penjualan pemasaran ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan, meyakinkan pembeli untuk memberi produk yang kita tawarkan dan memberikan pelayanan yang terbaik agar customer merasa puas.

1.2. Tujuan Usaha
1. Mempromosikan Produk yang kami jual
2. Dapat memahami hakekat kewirausahaan
3. Dapat memahami ciri – ciri dan karakteristik kewirausahaan.

1.3. Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini telah kami lakukan Tanggal 16 April 2019 Produk yang kami pasarkan berupa tempe isi telur puyuh dan makanan ini kami memasarkannya di sekitar sekolah, seperti kepada teman teman dan guru di sekolah, karena lokasi ini terbilang strategis dan mudah untuk menjual produk kami dan bertransaksi secara langsung dengan konsumen

BAB II
PEMBAHASAN

Proses Produksi
2.1 Tempe isi telur puyuh
Produk yang dibuat memakai bahan baku yang yang sangat mudah di dapatkan
2.2 Proses Pemasaran
Untuk pemasaran produknya, kami mulai memasarkannya dengan cara dari mulut ke mulut terlebih dahulu pada teman dekat kami, keluarga dekat, dan teman teman di sekolah. Lalu kami mencoba memasarkannya kembali lebih luas melalui dengan cara membuatkannya akun media sosial instagram
2.3 Proses Penjualan
Pada proses penjualan, produk menjualnya dengan cara menawarkan secara langsung produknya kepada teman dekat, keluarga dekat, dan teman teman yang berada di sekolah sehingga mereka berminat untuk membeli, dan untuk yang ingin membeli tetapi berada di tempat yang jauh sehingga tidak dapat membeli langsung, dapat menghubungi kami sehingga nantinya dapat kami kirimkan
2.4 Kendala yang dihadapi
Tentunya selama menjalankan usaha ini pasti ada kendala-kendala yang sering kami hadapi. Kendala-kendala tersebut antara lain:
1. Tidak terlalu banyak waktu saat berjualan dikarenakan jadwal sekolah yang cukup padat dan mengerjakan tugas sekolah yang lain
2. Harga bahan/makanan ringan yang tidak menentu

2.5 Laporan Keuangan dan Laba
Modal awal kami membeli seluruh bahan bahan dengan harga Rp.40.000. Dari modal awal kami mendapatkan 9 mika/bungkus tempe isi telur puyuh yang sudah kami kemas.
/mika tempe isi telur puyuh di bandrol dengan harga 5000 rupiah.
-9 x 5000 = 45.000
Laba:
Modal awal Rp.40.000
45.000 – 40.000 = 5.000
Kami mendapatkan laba/keuntungan Rp.5.000

2.5 Hasil dan Pembahasan
2.5.1 Analisis SWOT
2.5.1.1 Kekuatan produk
Makanan yang tidak mengandung bahan pengawet, berbeda dari produk sejenis yang lain
2.5.1.2 Kelemahan
1. Tidak tahan lama karena tempenya mudah busuk
2. Mudah hancur (retak kalau digoreng)
3. Keasinan atau hambar
2.5.1.3• Peluang
1. Dapat dinikmati oleh semua kalangan
2. Harga terjangkau

2.5.1.4 Ancaman
1. Tidak diketahui kelebihan yang dimiliki pesaing
2. Tidak laku

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN

Dalam usaha pasti memerlukan proses pembelajaran dari berbagai pengalaman usaha yang sudah di jalankan agar dapat memetik pelajaran dari usaha sebelumnya, sehingga dapat mengembangkan usaha dengan lebih baik lagi dan dapat berjalan dengan lancar. Dan dalam usaha asal ada kemauan dan keinginan untuk berusaha pasti bisa melakukannya. Di sisi lain kita juga harus bisa melihat peluang yang ada seperti segmentasi produk tepat, target pasar sesuai dan lain-lain.
SARAN
Jangan pernah malu jika ingin memulai usaha baru, walaupun dari usaha kecil-kecilan karna dari proses usaha kecil itu kita dapat mengambil pelajaran sehingga dengan pelajaran itu dapat mengembangkan usaha tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik lagi.

LAMPIRAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *