Laporan Praktek Kerja Lapangan SMK TKJ


Berikut ini adalah contoh laporan praktek kerja lapangan TKJ, Tehnik Komputer dan jaringan, Kalian juga dapat Mengunduh file laporan ini DISINI

LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN PT.RAHMAT MITRA MANDIRI (PT.RMM)

Kop SMK YPI Tabin

Oleh :
RIDWAN MAULANA
( NISN : 2011 )

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN TKJ
TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
SMK YPI TANJUNG BINTANG
TAHUN 2019

 

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Judul Pkl : Pengolahan Data Absensi karyawan
PT.RAHMAT MITRA MANDIRI

Nama Tempat Pkl : PT.Rahmat Mitra Mandiri
Alamat Tempat Pkl : JL.Ir sutami Km.16 Ds.Sindangsari Kec.Tanjung Bintang Kab.
Lampung Selatan

Identitas Peserta Pkl
Nama : RIDWAN MAULAMNA
Nis/Nisn : 2011
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer Dan Jaringan

Guru Pembimbing,

 

DIYAN APRIYANTI
NIP. 6760xx869x002

Pembimbing Lapangan

 

Faizal AT
NIP. x150x2200x0

Mengetahui,
Kepala Smk N Tanjung Sari,

 

TOTOK YULIANTONO,S.T
NUPTK:00x0x4769x00x3

Kepala Program

 

Khoirudin,s.si
NIP.19xx005041xx004

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Praktik Kerja Iapangan (PKL) dan dapat menyusun laporan ini dengan baik guna memenuhi kelengkapan bukti belajar (evidence).

Laporan Praktik Kerja Iapangan (PKL) ini dapat disusun dengan baik berkat bantuan dari pihak-pihak yang telah memberikan bimbingan dan dukungan sebagai bahan masukan untuk kami.Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :

1. TOTOK YULIYANTO sebagai Kepala Sekolah SMK YPI Tanjung Bintang yang telah memberi kesempatan pada kami untuk melaksanakan Praktek Kerja Iapangan (PKL).
2. Nur Sidik,ST selaku ketua pelaksana Prakerin/PKL SMK YPI Tanjung Bintang.
3. Khoirudin,S,Si selaku kepala program keahlian Teknik Komputer & Jaringan.SMK YPI Tanjung Bintang.
4. DIYAN APRIYANTI sebagai Guru pembimbing siswa PKL/Prakerin dan pembimbing penulisan laporan kegiatan di SMK YPI Tanjung Bintang.
5. Faizal AT selaku pembimbing PKL/Prakerin PT. Rahmat Mitra Mandiri
6. Orang tua yang selalu mendukung dan memotivasi saya sehingga saya dapat menyelesaikan (PKL) ini dengan baik tanpa suatu halangan apapun
7. Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan dapat terselesaikan.

Akhir kata, penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kekeliruan dalam penulisan laporan ini.Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna melengkapi kekurangan laporan ini.Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan dan bantuan sehingga laporan ini dapat tersusun dengan baik.

Tanjungsari, Februari,2019
Penyusun
RIDWAN MAULANA
NIS. 2011/TKJ/2017

SAMPUL…………i
HALAMAN PENGESAHAN…………..ii
KATA PENGANTAR………….iii
DAFTAR ISI…………..iv
DAFTAR TABEL(jika ada)
DAFTAR GAMBAR (jika ada)

BAB l PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang……………1
1.2 Perumusan masalah………….2
1.3 Tujuan PKL……………3
1.4 Manfaat PKL…………….4

BAB ll GAMBARAN UMUM TEMPAT PKL
2.1 Sejarah Tempat PK…………7
2.2 Struktur Organisasi…………8
2.3 Kegiatan Produksi (Barang/Jasa)………

BAB lll PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
3.1 Waktu dan Tempat PK……….
3.2 Materi Kegiatan PKL………..

BAB lV HASIL KERJA PRAKTEK

BAB V. PENUTUP

DAFTAR PUSAKA  (apabila di perlukan)
LAMPIRAN  (memuat daftar hadir pkl, dan lain-lain jika di perlukan)

BAB l
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL) adalah sebuah pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya masing masing, dalam upaya meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti saat ini.

Selain itu dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak peralatan baru yang diciptakan guna menunjang banyaknya permintaan produksi barang atau jasa yang menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapat pekerjaan, sehingga tenaga kerja dituntut bukan hanya memiliki kemampuan teknis belaka, tetapi juga harus lebih fleksibel dan berwawasan lebih luas, inovatif serta didukung dengan keterampilan yang kompeten.

Maka dengan adanya kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) siswa dan siswi dapat mengasah dan mengimplementasikan materi yang didapatkannya di sekolah langsung ke dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kemampuannya masing masing.

Dalam upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi nya, SMK YPI Tanjung Bintang melaksanakan berbagai kegiatan demi menjadikan siswa dan siswi yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri (DU/DI), tentunya hal itu tidak dapat diraih dengan mudah, tidak hanya dengan belajar berbagai teori yang berada di sekolah.

Namun seorang siswa atau siswi harus belajar mengenai bagaimana lingkungan yang berada di dunia kerja dan tentunya bagaimana pekerjaan yang akan dihadapinya nanti selepas lulus dari sekolah.

1.2 PERUMUSAN MASALAH
1. Apa saja kendala yang di hadapi pada saat prakerin di PT. Ahas Indonesia?
2. Apakah ada peningkatakan kemampuan atau skil dari siswa- siswa pada saat prakerin di PT. Ahas Indonesia?
3. Apa saja manfaat yang di peroleh oleh siswa- siswi setelah menjalani prakerin di PT. Ahas Indonesia?
4. Bagaimana cara guna untuk menghadapi persaingan dalam dunia kerja usai mengalami sendiri berkecimpung dalam dunia kerja?

1.3 TUJUAN PKL
tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, yaitu:
1. Menambah pengalaman dan pengetahuan siswa mengenai keadaan yang sesungguhnya untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja.
2. Memperluas wawasan dan mengembangkan cara berpikir logis, sistematis, dan praktis.
3. Mengetahui dan memahami penerapan teori-teori yang telah diterima pada waktu sekolah.

1.4 MANFAAT PKL
Manfaat Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Magang yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Bagi Siswa
Siswa mendapatkan keterampilan untuk melaksanakan progam kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintahan yang digunakan sebagai tempat praktek. Melalui praktek inilah siswa mendapatkan bentuk pengalaman nyata serta berbagai permasalahan yang dihadapi dalam dunia kerja. Selain itui siswa juga akan mempunyai rasa tanggungjawab dalam melaksanakan pekerjaan dan menjaga profesinya.

2. Bagi Sekolah
Manfaat PKL yang diperoleh oleh sekolah yaitu sekolah mempunyai rekan kerjasama untuk menjalin kerjasama dan mempromosikan sekolah dalam dunia perusahaan tersebut.

3. Bagi Tempat PKL
Perusahaan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademis untuk membantu operasional perusahaan tersebut. Selain itu laporan PKL yang di dapat dari siswa tersebut dapat digunakan sebagai sumber informasi mengenai situasi umum perusahaan

BAB ll.
GAMBARAN UMUM TEMPAT PKL

2.1 Sejarah Tempat PKL
Sejarah PT. RAHMAT MITRA MANDIRI:

PT. RAHMAT MITRA MANDIRI didirikan oleh bapak Indra Ahmad, SH dan memiliki tekat untuk maju dan berkembang di dalam dunia usaha PENYEDIA TENAGA KERJA bertujuan membantu menyediakan tenaga kerja yang profesional di bidangnya dengan melihat perkembangan ekonomi yang semakin pesat di indonesia khususnya sumatera yaitu Lampung yamg sangat memungkinkan untuk berkembang menuju kota metropolitan.

PT. RAHMAT MITRA MANDIRI sebagai salah satu perusahan yang bergerak dalam bidang jasa penyedia jasa tenaga kerja sumber daya manusia telah dilengkapi dengan ijin dan instansi pemerintah yang sesuai di bidangnya

PT. RAHMAT MITRA MANDIRI berkomitmen untuk menempatkan tenaga kerja outsourcing yang berkualitas, sehingga dapat memudahkan penanganan, sehingga klien bisa lebih berkonsentrasi pada pengembangan lainya.

PT. RAHMAT MITRA MANDIRI didirikan pada tanggal 9 (sembilan) juli 2009 (dua ribu sembilan). Dihadapan Notaris DRAJAT DARMAJI,SH di Jakarta dengan Nomor SK Mentri Kehakiman R.I Nomor : C-213 HT,03.02 Th.1992 Dengan Nomor S.K Kepala Badan Pertahanan Nasional Nomor : 65-XI-1992. Dan Keputusan Mentri Hukum Dan HAM Republik indonesia Dengan Nomor : AHU-26547.AH.01.01 Tahun 2009. Tentang pengesahan Badan Hukum Perseroan, Yang ditetapkan di Jakarta pada Tanggal 14 juli 2009.

2.2 Struktur Organisasi

2.3 Kegiatan Produksi (Barang dan jasa)
Maksud PT. RAHMAT MITRA MANDIRI dalam hal ini adalah menjalin kerja sama terhadap perusahaan pemakai jasa dalam hal penyediaan tenaga kerja yang berkualitas dan bertanggung jawab serta profesional di bidangnya sehingga membantu dan melayani pimpinan dan karyawan pemakai jasa dalam melaksanakan rutinitas kerja dan kesehatan.

Tujuan PT.RAHMAT MITRA MANDIRI adalah menawarkan jasa di bidang penyediaan tenaga kerja (outsource) kepada perusahaan pemakai jasa, untuk itu sebagai bahan pertimbangan kami juga menyertakan COMPANY PROFILE perusahaan PT. RAHMAT MITRA MANDIRI.

BAB lll
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

3.1 Waktu dan tempat PKL
PT.RAHMAT MITRA MANDIRI
JL. Ir sutami Km.16 Ds.Sindangsari Kec.Tanjung Bintang Kab. Lampung Selatan

Waktu dan tempat PKL TKJ

Waktu dan tempat PKL

3.2 Materi Kegiatan PKL
Cara Menginstal Windows 10

1. Nyalakan komputer atau Laptop. Khusus yang memakai Flashdisk sebagai media instalasi, masukan terlebih dahulu Flashdisk sebelum PC dinyalakan, agar terdeteksi sama PC.

2. Atur “Boot” atau “Booting” Pertama di Menu BIOS atau UEFI (Tampilan bermacam-macam tergantung MERK).

Laporan SMK TKJ

Masuk Menu BIOS dengan menekan tombol “Del” terus-menerus dengan cepat SAAT menyalakan PC, mungkin pada merk lain dapat mencoba menekan tombol F1 / F2 / F9 / F10. Mungkin juga sambil menekan tombol “fn” sama-sama dengan F1 / F2 dst, supaya tombol tersebut berfungsi.

Sesudah masuk Menu “BIOS”, kemudian cari “Boot” dan Pastikan Booting pertama menggunakan DVD ATAU Flashdisk sebagai medianya. Boot ini pada merk lain terkadang harus dicari dan disesuaikan, cari aja sampe ketemu.

3. Masukan DVD Windows 10 buat yang memakai drive-optic sebagai medianya.

4. Jika pengaturan Boot sudah benar, maka simpan atau “save” dan “restart”, nanti akan tampil seperti gambar dibawah, kemudian tekan ENTER untuk memulai proses instalasinya

Laporan PKL SMK TKJ

5. Pilih Bahasa “English” kemudian klik “Next”.

Laporan PKL SMK

6. Klik “Install now” untuk melanjutkan.

7. Masukan “Product Key” windows 10.

Laporan PKL

8. Klik kotak kecil “I Accept the license terms”, dan kemudian klik “Next”.

Laporan Praktek

9. Pilih “Custom: Install Windows only (Advanced)”. Ini adalah prosedur “Clean Install” dan mulai instalasi dari awal agar sistem operasi terbebas dari virus dan bersih.

Laporan Praktek Kerja

10. Atur Partisi untuk memilih penginstalan sistem sesuai dengan keinginan. Tapi harap di ingat Partisi sistem operasi sebelumnya harus dihapus dengan menekan “Delete” kemudian ganti dengan partisi baru. Pengaturan ini bisa dilakuin memakai kursor mouse yang di atur pada partisi tertentu, nanti tombol pengaturan lengkap akan tersedia.

Laporan Praktek Kerja Lapangan

~New” untuk membuat Partisi baru.
~Delete” untuk menghapus Partisi.
~Format” untuk format Partisi.
~Harap diperhatikan, Pastikan Partisi yang berisi data penting tidak terhapus, ini merupakan langkah yang sangat penting dan harus hati-hati, dan jika tidak yakin simpan aja dulu data penting pada tempat lain yang aman dan ulangi lagi prosesnya dari awal.
~Atur kursor pada partisi yang diinginkan untuk instalasi windows yang baru, kemudian klik Next seperti gambar di atas untuk melanjutkan.

11. Memulai proses transfer dan instalasi secara otomatis.

Laporan Praktek Kerja Lapangan SMK

Tahap ini berlangsung otomatis, nanti akan restart juga secara otomatis selama beberapa kali dan biarkan saja jangan klik apapun sampai pada gambar berikutnya. Kalo waktu proses ini ada “error” (getting files ready for installation), itu artinya memori kurang bagus alias rusak, bisa di coba ulang kembali prosesnya atau ganti memorinya.

12. Bagi yang memakai Flashdisk, maka Flashdisknya wajib dicabut ketika restart, agar tidak terjadi pengulangan.

13. Setelah restart otomatis beberapa kali, nanti diminta memasukan data nama dan pengaturan, bisa diisi bebas.

14. Kalo udah mengisi datanya nanti terlihat gambar berikutnya seperti ini.

Laporan Praktek Kerja Lapangan SMK TKJ

15. Selesai.
Harap diperhatikan setiap selesai instalasi, bagusnya crek juga driver-windows seperti Graphics driver, Audio, Network, atau yang berhubungan sesuai merknya. Driver sangat penting untuk menjaga peforma pc agar maksimal, berpengaruh sama kerjana aplikasi. biasanya Driver ada di cd/dvd terpisah dikasih waktu membeli Laptop atau Komputer, kalau tidak punya harus download dari internet. tapi pada sebagian besar merk modern, biasanya ini tidak perlu juga, soalnya sudah terintegerasi sama sistem.

BAB IV
HASIL KERJA PKL

1. Melakukan kedisiplinan yang baik soal waktu.
2. Mampu bertanggung jawab atas setiap pekerjaan dan tugas yang selama bekerja.
3. Melatih kesabaran diri ketika menghadapi beberapa hambatan dan kendala yang terjadi selama melakukan pekerjaan.
4. Mampu menyesuaikan diri dengan dunia kerja sehingga menambah pengalaman yang berharga di dunia kerja nyata suatu hari nanti.
5. Mengetahui dan mengenal dengan baik kondisi dan keadaan baik buruknya situasi di tempat PKL.

BAB V
PENUTUP

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat, rahmat, serta hidayah-nya sehingga kami dapat melaksankan kegiatan PKL ini sampai selesai. Karena tanpa nikmat-nya, mungkin kami belum tentu bisa menyelesaikan kegiatan ini sampai akhir.

Dengan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung dan membantu mensukseskan pelaksanaan PKL ini, karena tanpa dukungan dan bantuan dari kalian semua mungkin kami belum tentu bisa menyelesaikan kegiatan PKL ini.

Kategori
Artikel sebelumnya

Artikel selanjutnya

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *