Makalah Kewirausahaan Tentang Daur Ulang


Download File

Makalah Kewirausahaan Tentang Daur Ulang

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat beserta hidayah-Nya,sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya
Makalah ini membahas mengenai “ DAUR ULANG “. Adapun didalamnya membahas mengenai pengertian dan manfaat daur ulang. Dan kami mengharapkan dapat memberikan manfaat secara maksimal baik secara langsung maupun tidak langsung kepada siapa saja yang membacanya.
Kami telah berusaha sebaik mungkin sesuai dengan yang kami miliki, tetapi karena adanya berbagai keterbatasan maka tidak menutup kemungkinan dalam makalah ini terdapat kesalahan maupun kekurangan. Untuk itu, kami mengharapkan kepada semua pihak yang membaca agar bersedia memberikan kritik dan saran yang membangun demi sempurna nya penyusunan makalah dimasa yang akan datang.
Akhirnya, kami berharap mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membacanya.

Tanjung Bintang 26 April 2019
Penyusun,

Nuraini Setya Ningrum

DAFTAR ISI

Kata Pengantar ….. i
Daftar Isi ….. ii
BAB I: Pendahuluan
A. Latar Belakang ….. 1
B. Rumusan Masalah ….. 1
BAB II: Kajian Pustaka
A. Pengertian Daur Ulang ….. 2
B. Tujuan Dan Manfaat Daur Ulang ….. 2
C. Langkah-Langkah Daur Ulang Atau Pemanfaatan Ulang ….. 3
D. Macam-Macam Limbah Yang Dapat Di Daur Ulang ….. 3
BAB III: Pembahasan
A. Pengertian Daur Ulang ….. 4
B. Beberapa manfaat daur ulang ….. 4
C. Proses dalam mendaur ulang barang bekas ….. 4
BAB: Kesimpulan Dan Saran
A. Kesimpulan ….. 5
B. Saran ….. 5

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Melihat keadaan lingkungan kita yang setiap hari di permasalahkan oleh sampah yang semakin menggunung seolah sampah ini menjadi masalah atau momok utama yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat.
Sehingga masyarakat di beberapa Negara bahkan diseluruh dunia berlomba-lomba menyelesaikan hal tersebut. Jika kita berbicara tentang permasalahan sampah ini, sebenarnya sampah ini banyak sekali manfaatnya antara lain dapat membuat pupuk organik. Walaupun ada yang merugikan antara lain menyebabkan kerugian yang berdampak berbahaya sekali bagi kehidupan makhluk hidup di dunia.
Sebenarnya banyak sekali cara untuk menangani masalah sampah ini contohnya dnegan cara daur ulang yang bisa menghasilkan KOMPOS alami yang bias dimanfaatkan oleh para petani dan masyarakat, dengan cara itu pula para petani bisa meminimaliskan penggunaan pupuk anorganik. Karena dengan pupuk anorganik itu bisa membuat kerusakan lingkungan antara lain pencemaran di dalam air dan tanah.
B. Rumusan Masalah
Dengan melihat latar belakang yang telah dikemukakan maka beberapa masalah yang dapat penulis rumuskan dan akan di bahas dalam makalah ini adalah :

  1. Apa saja manfaat daur ulang ?
  2. Bagaimana cara proses daur ulang sampah ?
  3. Apa sajakah yang bisa didaur ulang ?

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A. Pengertian Daur Ulang
Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru.
B. Tujuan Dan Manfaat Daur Ulang
Banyak manfaat yang diperoleh dari pendaur ulangan bahan bekas yang ada di sekitar kita, seperti plastik bekas, kertas bekas, kayu bekas, dan lain–lain. Daur ulang dapat meningkatkan kreativitas, mengurangi pencemaran dan sebagainya. Berikut akan kami jelaskan beberapa manfaat yang ada dalam usaha pengelolaan sampah daur ulang. Manfaat yang diperoleh antara lain :
Membuka lapangan kerja. Manfaat yang paling menonjol adalah masyarakat dapat membuka lapangan kerja. Bekerja di sektor formal saat ini sempit kesempatannya. Melamar pekerjaan membutuhkan syarat tertentu. Lowongan pekerjaan sedikit, sehingga sulit mencari pekerjaan. Usaha daur ulang ini dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat di sektor informal. Dengan bertambahnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat, tingkat pengangguran dapat dikurangi.
Meningkatkan pendapatan masyarakat. Berkreasi dari bahan bekas menjadi kerajinan-kerajinan tangan lalu didistribusikan kepada masyarakat dapat meningkatkan pendapatan. Apalagi bahan baku daur ulang tidak membutuhkan modal yang besar. Dalam ekonomi, usaha seperti ini dapat menekan biaya operasional dan retribusi. Sehingga pemerintah daerah lebih ringan dalam pengeluaran pengelolaan sampah. Barang daur ulang mempunyai nilai ekonomi yang menghasilkan pendapatan. Sehingga masyarakat dapat berdaya secara ekonominya. Pemberdayaan ekonomi rakyat yang dimaksud disini adalah adanya pendapatan atau penghasilan yang bisa diperoleh dari hasil penjualan barang olahan dari bahan bekas menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomi.Dengan memperoleh penghasilan tersebut masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan dan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
Mengurangi pencemaran lingkungan. Sampah yang dibakar dan limbah pabrik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Mendaur ulang sampah-sampah dan memanfaatkan limbah, dengan menjadikannya barang kerajinan dan barang-barang kreasi lainnya, pencemaran lingkungan dapat dikurangi.
Menghemat sumber daya alam. Berkreasi dari bahan bekas dapat menghemat sumber daya alam sebagai bahan baku kebutuhan hidup manusia.Contohnya, dengan mendaur ulang kertas kita dapat mengurangi laju pengurangan jumlah pohon.
Mencegah penyakit. Sampah yang menumpuk dapat menyebabkan penyakit. Dengan mendaur ulang sampah-sampah, tumpukan sampah akan berkurang. Tingkat kebersihan pun akan meningkat jika pengelolaan sampah berjalan dengan baik.
Menambah kreativitas dan keterampilan. Dengan berkreasi dari bahan bekas, kita akan lebih kreatif dan terampil. Kita dapat menemukan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif dalam berkreasi
C. Langkah-Langkah Daur Ulang Atau Pemanfaatan Ulang
Pemisahan. Limbah yang akan didaur ulang atau dimanfaatkan ulang dipisahkan dengan limbah yang harus dibuang ke tempat pembuangan.
Penyimpanan. Limbah yang sudah dipisahkan tadi disimpan dalam kotak yang tertutup. Usahakan setiap kotak yang tertutup hanya berisi satu jenis material limbah tertentu, misalnya kertas bekas atau botol bekas.
Pengiriman atau penjualan. Barang-barang yang sudah terkumpul dapat dijual ke pabrik yang membutuhkan material bekas sebagai bahan baku atau dapat dijual atau diberikan ke pemulung.
D. Macam-Macam Limbah Yang Dapat Di Daur Ulang
Berikut adalah beberapa jenis limbah atau material yang dapat dimanfaatkan melalui daur ulang.
Kertas. Semua jenis kertas dapat di daur ulang, seperti kertas koran dan kardus.
Gelas. Botol kecap, botol sirup, dan gelas / piring pecah dapat digunakan untuk membuat botol, gelas, atau piring yang baru.
Aluminium. Kaleng bekas makanan dan minuman dapat dimanfaatkan kembali sebagai kaleng pengemas.
Baja. Baja sisa kontruksi bangunan akan berguna sebagai bahan baku pembuatan baja baru.
Plastik. Limbah plastik dapat dilarutkan dan diproses lagi menjadi bahan pembungkus (pengepakan) untuk berbagai keperluan. Misalnya, dijadikan tas, botol minyak pelumas, botol minuman, dan botol sampo.

BAB III
PEMBAHASAN

A. Pengertian Daur Ulang
Daur Ulang secara luas artinya pengolahan kembali bahan-bahan bekas dalam bentuk sampah kering yang nilai ekonominya rendah atau bahkan tidak mempunyai nilai ekonomi menjadi suatu barang yang berharga dan berguna bagi kehidupan manusia”.
B. Beberapa manfaat daur ulang
Manfaat yang paling menonjol adalah dapat mengurangi pencemaran lingkungan, sampah yang dibakar dan limbah pabrik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Mendaur ulang sampah-sampah dan memanfaatkan limbah, dengan menjadikannya barang kerajinan dan barang-barang kreasi lainnya, pencemaran lingkungan dapat dikurangi. Selain itu, banyak lagi manfaat dari daur ulang seperti meningkatkan pendapatan masyarakat, menghemat sumber daya alam, mencegah penyakit dan terakhir adalah dapat membuka lapangan kerja baru.
C. Proses dalam mendaur ulang barang bekas
Untuk memudahkan proses daur ulang dan pemanfaatan ulang,langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut, yang pertama adalah proses pemisahan,dalam proses tersebut Limbah yang akan didaur ulang atau dimanfaatkan ulang dipisahkan dengan limbah yang harus dibuang ke tempat pembuangan. Selanjutnya yang kedua yaitu proses penyimpanan, dalam proses ini Limbah yang sudah dipisahkan tadi disimpan dalam kotak yang tertutup. Usahakan setiap kotak yang tertutup hanya berisi satu jenis material limbah tertentu, misalnya kertas bekas atau botol bekas. Dan yang terakhir adalah proses pemasaran barang, dalam proses ini barang yang sudah jadi akan dipasarkan kepada konsumen yang menginginkanya.

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
Menurut saya daur ulang adalah alat untuk melindungi lingkungan darisampah, dengan adanya Daur Ulang yang bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya contohnya seperti sampah yang tidak terpakai yang menjadi barang yang bernilai ekonomi tinggi.
B. Saran
Berdasarkan pembahasan tersebut saran penulis adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai penerus bangsa, seorang pelajar sebaiknya mampu memanfaatkan sampah organik untuk menghasilkan barang ekonomis.
  2. Perlunya kerjasama dari para siswa untuk mencanangkan pengolahan sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *