Makalah Maha Besar dan Maha Kuasa allah SWT


Contoh Makalah Maha Besar dan Maha Kuasa allah SWT, untuk melengkapi kategori education di situs ini.

MAKALAH

TENTANG KEBESARAN DAN MAHA KUASA ALLAH SWT

Kop al ikhlas beramal

DISUSUN OLEH :

ANIS WIDIAWATI

ADELIA

DISA OLIVIA

NURULL AMALIA

KELAS XI MA AL IKHLAS

TAHUN AJARAN 2018-2019

MAHA BESAR DAN MAHA KUASA ALLAH SWT

DISUSUN OLEH:

ANIS WIDIAWATI

ADELIA

DISA OLIVIA

NURULL AMALIA

KELAS XI MA AL IKHLAS

TAHUN AJARAN 2018-2019

KATA PENGANTAR

Asalamu’alaikum wr wb.

puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayahnya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaian tugas makalah tafsir tentang kebesaran dan maha kuasa allah.dan tidak lupa sholawat beserta salam tetap kami curahkan kepada junjungan nabi  besar Muhammad S.A.W. yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju terang benderang yakni agama islam.

kami menyadari bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini,apaila ada kesalahan dalam penulisan makalah ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya .

akhir kata,semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

amin yarobbal’almin.

wassalamu’alaikumwr.wb.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTARi

DAFTAR ISI……………………………ii

BAB I PENDAHULUAN

1.1 latar blakang…………………….1

1.2 rumusan masalah …………….2

1.3 tujuan……………………………..2

1.4 manfaat…………………………..2

BAB 2 PEMBAHASAN

2.1 pengertian kebesaran dan maha besar allah swt……………3

2.2 bgian-bagian kebesarn dan maha kuasa allah swt………….3

2.3 kandungan surah al isra [17] ayat 12…………………………….2

BAB III PENUTUP

3.1 simpulan…………………………10

3.2 saran……………………………..10

DAFTAR PUSTAKA

BAB I

Kebesaran dan maha kuasa allah dapat kita lihat dari alam sekitar kita contoh tumbuhan-tumbuhan serta hewan. AL qur’an juga merupakan kebesaran dan maha besar allah swt terhadap umat manusia ,seperti kandungan surah al isra ayat 12 yang menerangkan tentang kebesaran dan maha besar allah.

Di makalah ini kami akan memperjelas tentang pengertian  maha besar dan maha kuasa allah swt.

1.2 RUMUSAN MASALAH

berdasarkan latar blakang diatas kami merumuskan masalah sebagai berikut:

  • Apa pengertian maha besar dan maha kuasa allah swt.
  • Apa saja bagian-bagian dari maha besar dan maha kuasa allah
  • Apa isi kandungan dari surat al isra ayat 12

1.3 TUJUAN

1.3.1 Tujuan pembahasan

  1. Untuk mengetahui penjelasan maha besar dan maha kuasa allah swt.
  2. Untuk mengetahui bagian-bagian dari maha besar dan kuasa allah.
  3. mengenali dan memahami isi kandungan dari surah al isra ayat 12.

1.4 Manfaat

1.4.1 manfaat pembahasan

  1. menambah wawasan atau ilmu pengetahuan tentang maha besar dan maha kuasa allah swt.
  2. mengetahui bagian-bagian maha besar dan maha kuasa allah swt.

1.4.2 manfaat penulisan mampu menyusun mendeskripsikan yang sesuai dan sistematis

BAB II

PEMBAHASAN

MAHA BESAR DAN MAHA KUASA ALLAH

2.1 Pengertian maha kuasa

Tidak ada hal yang lebih jelas menyatakan kuasa Allah selain karya penciptaan-Nya. Allah berkata, “Jadilah…” maka itu langsung akan jadi (Kej 1:3, 6, 9, dst). Manusia membutuhkan peralatan dan benda untuk menciptakan; namun Allah cukup dengan berfirman. Dengan kuasa perkataan-Nya, segala hal diciptakan dari yang sebelumnya tidak ada. “Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya” (Maz 33:6).

Kuasa Allah juga tampak melalui pemeliharaan atas ciptaan-Nya. Segala kehidupan di atas bumi akan binasa jika bukan karena pemeliharaan Allah yang terus menerus atas segala kebutuhan kita akan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Semua yang berasal dari sumber daya terbarukan terus berkelanjutan berkat kuasa Allah sebagai pemelihara manusia dan binatang (Maz 36:6). Lautan yang melingkupi seluruh bumi akan membinasakan kita jika Allah tidak menentukan batasnya (Ayub 38:8:11).

Kuasa Allah menjangkau hingga ke pemerintah dan pemimpin (Dan 2:21), karena Ia membatasi mereka supaya memerintah berdasarkan rencana dan tujuan-Nya. Kekuasaan-Nya tidak terbatas terhadap Iblis dan setan. Serangan Setan terhadap Ayub terbatas pada perbuatan tertentu saja. Ia dibatasi oleh kuasa Allah yang tak terbatas (Ayub 1:12, 2:6). Yesus mengingatkan Pilatus bahwa ia tidak memiliki kuasa terhadap-Nya, jika kuasa itu tidak diberikan oleh Allah segala kuasa (Yoh 19:11).

Sebagai yang Mahakuasa, Allah bisa melakukan segala hal. Namun, itu tidak berarti Allah kehilangan keMahakuasaan-Nya ketika Ia tidak dapat melakukan hal tertentu. Sebagai contoh, Ibr 6:18 menyatakan bahwa Allah tidak dapat berbohong. Ini tidak berarti Ia kekurangan kuasa untuk berbohong, namun karena Allah memilih untuk tidak berbohong sesuai dengan kepribadian-Nya yang sempurna. Hal yang sama, walaupun Ia penuh kuasa dan membenci kejahatan, Ia mengizinkan kejahatan terjadi, sesuai dengan tujuan-Nya. Ia mengijinkan kejahatan tertentu terjadi agar rencana-Nya terjadi. Seperti ketika kejahatan terbesar diijinkan boleh terjadi – pembunuhan Anak Domba Allah yang sempurna, suci, tak berdosa untuk menebus umat manusia.

2.2 Pengertian maha besar allah

Inilah arti sebenarnya dari Allahu Akbar. Kalimat takbir adalah sebuah dzikir yang tak cukup dilontarkan oleh lisan tapi harus merasuk ke dalam hati dan akidah kita. Bahwa Allah sungguh Maha Besar dari bayangan kita. Allah jauh lebih agung dari segala sifat yang kita sematkan kepada-Nya.

2.3 bagian-bagian maha besar dan maha kuasa allah

Pertama, …. Sebab tidak ada komposisi bagian-bagian yang kuantitatif pada Allah, sebab Ia bukan sebuah tubuh, tidak terdiri dari komposisi materia dan forma; kodrat-Nya tidak berbeda dengan hakekat-Nya; esensinya tidak berbeda dari keberadaan-Nya,…. juga tidak ada perbedaan pada-Nya sebagai subyek dan accident (atribut/ ciri-cirinya). Maka, jelaslah bahwa Tuhan bukan merupakan komposit [campuran dari beberapa hal], tetapi seluruhnya sederhana.

Kedua, sebab setiap komposit (campuran) ada di bawah pengaruh bagian-bagian yang menyusunnya, dan tergantung kepadanya; tetapi Tuhan adalah Yang Pertama dari segalanya [sehingga tidak tergantung dari apapun, lihat penjelasan ST I, q.2, a.3]

Ketiga, sebab setiap komposit (campuran) mempunyai sebab, karena komponen-komponennya dari diri mereka sendiri yang berbeda-beda tidak dapat bersatu tanpa sesuatu yang menyebabkan mereka dapat bersatu. Tetapi Tuhan tidak disebabkan oleh apapun, sebagaimana dijelaskan dalam ST I, q.2, a.3- sebab Ia adalah Sang Penyebab yang pertama.

Keempat, sebab di dalam komposit, terdapat apa yang potensial dapat terjadi dan hal yang secara aktual sudah terjadi; tetapi hal ini tidak dapat terjadi pada Tuhan….

Kelima, sebab tak ada suatu komposit-pun yang dapat dinyatakan sama dengan salah satu bagiannya. Dan ini nyata di dalam keseluruhan benda yang terdiri dari bagian-bagian yang berbeda-beda; sebab bagian dari seorang manusia bukan merupakan manusia, atau bagian dari kaki adalah bukan kaki itu sendiri. Tetapi di dalam keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian yang serupa, meskipun sesuatu yang dinyatakan oleh keseluruhan dapat dinyatakan oleh bagiannya (seperti bagian dari udara adalah udara, dan bagian dari air adalah air), namun demikian, hal-hal tertentu yang dinyatakan oleh keseluruhan tidak dapat dinyatakan oleh bagian-bagiannya.

2.3 isi kandungan dari surah al-isra

وَجَعَلْنَا ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ ءَايَتَيْنِ ۖ فَمَحَوْنَآ ءَايَةَ ٱلَّيْلِ وَجَعَلْنَآ ءَايَةَ ٱلنَّهَارِ مُبْصِرَةً لِّتَبْتَغُوا۟ فَضْلًا مِّن رَّبِّكُمْ وَلِتَعْلَمُوا۟ عَدَدَ ٱلسِّنِينَ وَٱلْحِسَابَ ۚ وَكُلَّ شَىْءٍ فَصَّلْنَٰهُ تَفْصِيلًا

“Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas.” (QS. Al-Isra’ : 12)

Isi Kandungan Al-Qur’an Surat Al-Isra’ Ayat 12. Allah Swt. menjelaskan tanda-tanda kekuasaan-Nya yang ada di alam semesta, dengan maksud agar supaya manusia memikirkan dan merenungi Penciptanya. Allah Swt. menjelaskan bahwa Dia menciptakan malam dan siang, masingmasing sebagai tanda kekuasaan Nya. Siang dan malam merupakan dua peristiwa yang selalu silih berganti yang sangat berguna bagi kemaslahatan manusia dalam menjalankan kewajiban agama dan urusan-urusan duniawi.

Pergantian yang teratur seperti itu merupakan tanda kekuasaan Allah yang sangat jelas bagi manusia. Barang siapa yang memperhatikan dan memikirkan pergantian siang dan malam itu tentu akan yakin bahwa alam semesta ini ada yang mengaturnya dengan aturanaturan yang sangat baik dan tepat, yang menunjukkan bahwa pengaturannya sangat teliti, sehingga dengan demikian, manusia akan dapat mengakui adanya Pencipta jagat raya ini dan seluruh isinya.

Di samping itu adanya pergantian siang dan malam merupakan anugerah yang dapat dirasakan secara langsung oleh manusia dalam kehidupan mereka sehari hari. Di waktu siang mereka dapat berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya, sedangkan di waktu malam mereka dapat beristirahat untuk melepaskan lelah. Allah Swt. menjelaskan lebih lanjut bahwa Dialah yang menghapuskan tandatanda malam yaitu hilangnya cahaya bulan dengan cahaya matahari. Perubahan siang dan malam itu sangat berguna bagi manusia untuk mengetahui bilangan tahun, bulan dan hari serta perhitungannya.

BAB III

KESIMPULAN

Al-Qur’an merupakan sumber hukum Islam yang abadi. Al-Qur’an ibarat samudera tak bertepi yang menyimpan berjuta-juta mutiara ilahi. Untuk meraihnya, semua orang harus berenang dan menyelami samudera al-Qur’an. Tidak semua penyelam itu memperolah apa yang diinginkannya karena keterbatasan kemampuannya. Di sinilah letak urgensi perangkat ilmu tafsir.

Ilmu tafsir senantiasa berkembang dri masa ke masa, bahkan para pakar telah banyak menelurkan tafsir yang sesuai dengan tuntutan zaman demi menegaskan eksistensi al-Qur’an salih li kulli zaman wa makan.

Banyak sekali metode yang digunakan dalam penafsiran di antaranya metode tahlily, ijmaly, muqaran, dan maudhu’i.

SARAN

Demikian karya ilmiah yang kami beriskan tentang maha besar dan maha kuasa allah swt. karya ilmiah inipun tak luput dari kesalahan dan kekurangan maupun target yang ingin dicapai. adapun kiranya terdapat kritik, saran maupun teguran digunakan sebagai penunjang pada karya ilmiah ini. sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terimakasih

   DAFTAR PUSTAKA

-https://azzahra-official.com/2018/11/18/makalah-maha-bes…-kuasa-allah-swt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *