Pengamatan Pasar Tradisional


Pengamatan Pasar Tradisional
( Pasar Tanjung Bintang )

Pasar ini adalah pasar yang buka pada hari senin, kamis, dan sabtu. Pasar ini buka dari pukul 03.00 – 13.00 WIB terkadang ada pedagang yang sudah habis sebelum waktunya.

Pada hari ini kami melakukan pengamatan secara langsung ke Pasar Tanjung Bintang. Baru sampai di pintu masuk kami sudah disambut oleh sayuran, buah-buahan, ikan, daging, dan bahkan di sini banyak yang jual pakaian dan makanan ringan.

Di sana kami sempat mewawancarai seorang pedagang sayuran bernama ibu Yunarti, ibu Yunarti cukup ramah dan sangat baik. Penghasilan rata-rata ibu Yunarti adalah ±100 ribu/hari. Kami pun bertanya kepada pedagang tersebut,

Penanya : bu sayuran apa yang paling mahal di sini dan berapakah harganya?
Pedagang : cabai adalah yang paling mahal di sini harganya mencapai 80 ribu/Kg. Penanya : apakah ada dampak negatif dari mahalnya harga cabai tersebut?
Pedagang : iya, dampaknya adalah orang akan jarang membeli cabai sehingga modal tidak kembali, cabai pun menjadi layu.

Setelah wawancara singkat tersebut kami membeli timun dengan harga 7 ribu / Kg kemudian kami melanjutkan perjalanan, saat di perjalanan kami melihat seorang pedagang susu kedelai dan kami memutuskan untuk membeli susu kedelai dengan harga 1 ribu/bungkus. Pedagang susu kedelai itu sangat baik sehingga kami banyak diberi bonus susu kedelai. Setelah itu kami pun kembali pulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *