Struktur Cerita Fabel Burung Bangau dan Kolibri


Berikut adalah Contoh Struktur Cerita Fabel Burung Bangau dan Kolibri.

Struktur Cerita Fabel

Orientasi
Burung bangau dan burung kolibir berteman baik. Bangau bertubuh tinggi dan kurus. Sementara kolibri bertubuh kecil dan gesit. Mereka sama-sama suka makan ikan di sebuah danau.

Komplikasi
“Aku khawatir jumlah ikan di sini tidak akan cukup untuk kita berdua. Ayo kita berlomba terbang untuk menentukan siapa yang dapat makan ikan di danau ini?” tantang kolibri kepada bangau.

Kolibri yakin bisa mengalahkan bangau dengan kecepatannya. Bangau tidak mau kalah. Ia menerima tantangan kolibri.

Resolusi
Mereka sepakat akan berlomba selama empat hari. Garis akhirnya adalah sebuah pohon tua di hulu sungai. Siapa yang berhasil mencapai pohon itu duluan, maka semua ikan di danau jadi miliknya.

Keesokan paginya, mereka memulai loma. Kolibri terbang dengan sangat cepat. Sementara, bangau terbangnya lamban.

Sepanjang perjalanan, kolibri sering teralihkan oleh bunga-bunga yang indah. Ia sering berhenti untuk mengisap sari bunga yang lezat.
Karena terlalu asyik menikmati sari bunga, kolibri segera disusul bangau. Melihat kolibri sedang mengisap sari bunga, bangau segera meninggalkan nya.

Kolibri sadar dan segera menyusul bangau dengan cepat. Ia pun berhasil menyusulnya.

Saat malam tiba, kolibri kecapaian dan tertidur. Sementara itu, bangau tetap terbang.
Esoknya, kolibri bangun dan sadar dia tertinggal oleh bangau. Namun, lagi-lagi kolibri berhenti dan tertarik untuk mengisap sari bunga.
Pada malam ketiga, kolibri tidur lagi. Paginya, ia segera terbang mencapai pohon yang menjadi garis akhir lomba. Namun, ia kaget karena bangau lebih dulu sampai pohon itu.

Koda
Akhirnya, bangau yang terbang dengan tenang siang dan malam memenangkan perlombaan. Sementara, kolibri yang sering berhenti di tengah perjalanan kalah.
Sejak saat itu, bangau memakan ikan di danau. Sedangkan, kolibri memakan sari bunga.
Sekian pembahasan mengenai Struktur Cerita Fabel Burung Bangau dan Kolibri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih sudah membaca.

Kategori
Artikel selanjutnya

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *